BAZ Bangun Sukoharjo Sebagai Kota Religius

Hingga Nopember Terkumpul Rp 832,3 Juta

JO, Sukoharjo – Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Sukoharjo mulai diberdayakan oleh Pemkab Sukoharjo. Hingga akhir November 2011, BAZ Kabupaten Sukoharjo mampu menghimpun dana sebesar Rp 832,3 juta. Hal itu dilaporkan pengurus BAZ Sukoharjo, Ichsan Muhadi kepada Wakil Bupati Sukoharjo Drs Haryanto, kemarin.

Wabup Drs Haryanto mengatakan, dana BAZ Sukoharjo tersebut sebagian telah disalurkan, dan sebagian lagi dialokasikan untuk kaum dhu’afa, di antaranya untuk rehabilitasi rumah serta bantuan usaha produktif. “Ke depan dana BAZ akan dialokasikan Rp 200 juta untuk kaum dhu’afa, untuk ustadz Rp 5 juta per kecamatan, Rp 20 juta untuk rehabilitasi rumah kaum dhu’afa dan untuk mualaf Rp 1,5 juta, serta bantuan usaha produktif bagi kaum dhu’afa sebesar Rp 100 ribu per orang,” ujarnya.

Ditambahkan, pemberdayaan BAZ Sukoharjo adalah untuk menggalang dana zakat infaq dan shodaqoh di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Selain sebagai upaya Pemkab Sukoharjo dalam membangun Sukoharjo sebagai kota religius, dengan terkumpulnya dana BAZ tersebut dapat membantu masyarakat miskin dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Sukoharjo.

“Selain upaya meningkatkan iman dan taqwa masyarakat menuju masyarakat religius, BAZ ini juga sebagai penggalangan dana zakat, infaq dan shodaqoh untuk membantu rakyat miskin,” imbuh Wakil Bupati Drs Haryanto. – tyo