PT KAI Selidiki Asal Percikan Api di Prameks

JO, Klaten – PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus melakukan penyelidikan asal-usul percikan api yang keluar dari gerbong KA Prambanan Ekspres (Prameks) K238001 yang nyaris terbakar ditengah perjalanan di daerah Wonosari, Klaten, Minggu (4/12/2011).

Kepala Humas Daerah Operasional (DAOP) VI Jogjakarta Eko Budiyanto saat dihubungi, Minggu (4/12/2011), mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut, apakah percikan api itu disebabkan oleh sampah seperti peristiwa sebelumnya atau disebabkan oleh faktor lain.

“Untuk kejadian kali ini tidak menimbulkan kebakaran, namun hanya percikan api kecil dan sudah bisa diatasi. Peristiwa tersebut memang bukan yang pertama kali, sebab sebelumnya juga pernah terjadi peristiwa yang sama,” ujar Eko.

Sebelumnya diberitakan, KA Prameks K238001 yang melakukan perjalanan dari Stasiun Jebres Solo menuju Jogjakarta, Minggu (4/12/2011), sempat mengeluarkan percikan api saat sampai di Dusun Sekaran, Desa Pakis, Kecamatan Wonosari, Klaten.

Melihat kondisi itu, kemudian masinis menghentikan laju kereta. Petugas KA langsung mengupayakan pemadaman dengan menggunakan alat keselamatan kerja yang sudah tersedia. – tml