Thontowi Lengser dari Wakil Ketua DPRD Boyolali

JO, Boyolali – Pergantian pimpinan DPRD Boyolali dari unsur Fraksi PAN resmi dilaksanakan setelah diumumkan dalam sidang paripurna yang digelar DPRD Boyolali, Jumat (2/12/2011). Dalam sidang paripurna tersebut dewan resmi memberhentikan Thontowi Jauhari sebagai wakil ketua DPRD Boyolali berdasarkan usulan DPD PAN Boyolali. Namun, Thontowi yang digusur paska Musda PAN beberapa waktu lalu tak hadir dalam sidang paripurna tersebut.

Sidang paripurna dipimpin ketua DPRD Boyolali, S Paryanto dengan dihadiri sebanyak 36 orang anggota dewan. Sementara sebanyak 8 orang anggota dewan tak hadir tanpa alasan yang jelas. Unsur pimpinan dewan yang hadir hanya ketua S Paryanto dan wakil ketua Sujadi. Sedangkan wakil ketua dari unsur Fraksi Golkar, Fuadi tidak nampak hadir di meja pimpinan dewan.

Namun, karena sudah memenuhi kuorum, sidang paripurna dengan  agenda pengumuman pergantian pimpinan DPRD Boyolali dinyatakan sah. Dalam agenda sidang tersebut dilakukan pembacaan keputusan DPRD Boyolali memberhentikan Thontowi Jauhari sebagai wakil ketua DPRD Boyolali yang dibacakan oleh wakil ketua Sujadi.

Sedangkan pengajuan nama Turisti Hindriya sebagai pengganti Thontowi Jauhari disampaikan oleh ketua DPRD, S Paryanto. Menurut Paryanto pengajuan Turisti Hindriya berdasarkan surat yang disampaikan oleh DPD PAN Boyolali. Selanjutnya, proses pergantian itu akan diajukan ke gubernur Jateng.

Thontowi Jauhari digusur dari unsur pimpinan dewan setelah politisi kawakan yang dikenal cukup vocal itu tidak lagi menjabat sebagai Ketua DPD PAN Boyolali. Saat ini ketua DPD PAN Boyolali dijabat oleh Adha Nur Mujtahid yang memenangkan pemilihan ketua dalam Musda PAN beberapa waktu lalu.

Turisti Hindriya yang dihubungi usai sidang Paripurna mengatakan, pergantian unsur pimpinan dewan dari Fraksi PAN dalam lembaga legislative tersebut bukan merupakan hal yang luar biasa karena  merupakan salah satu kebutuhan organisasi untuk penyegaran. – sry