Beda Tapi Mesra, Menepis Perbedaan

JO, Karanganyar – Lembaga Kajian Lintas Kultural (LKLK) menggelar Dialog Publik Dan Temu Tokoh Ormas bertujuan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air dalam rangka Pendidikan Politik Masyarakat di Daerah melalui Dialog Publik dan Temu Organisasi Sosial Kemasyarakatan dengan tema “Beda Tapi Mesra” untuk terciptanya masyarakat yang harmonis dan dinamis. Rabu (14/12/2011).

Untuk penyelenggaraan kegiatannya di Balai Kelurahan Cangakan, Karanganyar, Jateng dengan menghadirkan pembicara kunci Dirjen Kesbangpol Kemendagri, sedangkan untuk pemateri maupun narasumber  KH. Farid Makruf dari Al Mukmin Ngruki, Pdt. Novembri dari GKJ Palur. Peserta yang hadir sebanyak 100 orang yang berasal dari Tokoh Lintas Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat, Ormas Kepemudaan, Ormas.

Ketua Lembaga Kajian Lintas Kultural (LKLK) Sofyan Faisal Syifa, menyatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan agenda ini, terselenggaranya dialog semua potensi dan tokoh agama, tokoh masyarakat sebagai perekat dan pemersatu anak bangsa, tergugahnya kembali rasa cinta tanah air, Pancasila, UUD ’45, NKRI dan bendera Merah Putih yang mulai luntur dalam sanubari anak negeri.

“Lembaga ini tergerak untuk melakukan kajian tentang keberagaman ditengah masyarakat, baik didalam komunitas keagamaan, komunitas golongan, suku dan budaya. Melakukan kajian tentang bagaimana perbedaan itu terjadi, kemudian mencoba mencari jalan dan titik temu agar terjadi harmoni yang indah ditengah perbedaan itu,” kata Faisal disela acara.

Kejadian dan kehidupan makhluk didunia sudah ditaqdirkan berbeda adanya. Tidak ada yang sama secara mutlak. Namun perbedaan yang merupakan sunnatullah bukanlah alasan untuk dipertentangkan, bukan untuk diperselisihkan namun bagaimana perbedaan itu bisa menjadi harmoni yang indah, ujarnya. – ian