Mahasiswa Rusak Pos Polisi UMS


JO, Sukoharjo – Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh ratusan mahasiswa dari berbagai elemen di pertigaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)  sempat memanas. Selain menggelar sejumlah orasi dan membakar ban bekas di pertigaan jalan Ahmad Yani, tepat di sebelah pintu masuk UMS, mereka juga melempari Pos Polisi 07 UMS dengan telur busuk.

Bahkan, seorang demonstran sempat memukul kaca pos polisi tersebut dengan sebatang kayu hingga pecah. Tampak lubang besar pada kaca depan pos polisi karena sabetan kayu demonstran. Pecahan kaca berserakan di lantai dan kondisi pos polisi berlumuran dengan pecahan telur yang dilempar demonstran.

Selang beberapa saat, seorang aktivis lainnya melemparkan ban bekas ke arah pos polisi. Beberapa demonstran lain sempat terprovokasi dan mendekat ke arah pos polisi hendak membakar ban tersebut. Namun tindakan tersebut urung dilakukan, karena berhasil dicegah oleh sejumlah aktivis lainnya.

Aksi tersebut dimulai sekitar pukul 15.00 WIB dan berlangsung kurang lebih 2 jam. Dari pengamatan wartawan, Tidak nampak seorangpun petugas berseragam di sekitar lokasi demonstrasi. Sepanjang aksi demonstrasi, jalan Ahmad Yani nampak lengang karena Polisi mengalihkan jalur lalu lintas ke jalur alternatif.

Dari arah timur, jalur lalu lintas yang menuju ke arah barat dialihkan dari pertigaan farokah ke utara melalui jalan dr. Soeharso. Sampai perempatan Fajar Indah, dibelokkan ke arah barat masuk jalan Adi Sucipto. Sedangkan jalur lalu lintas dari arah barat, pengalihan kendaraan dari perempatan Kartasura dibelokkan ke arah utara dan selatan. – tml