Travel Optimistis CFN Makin Menjual Solo


JO, Solo – Sejumlah anggota Association of the Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) Solo, optimistis program car free night (CFN) yang digelar pemkot Solo mampu mendongkrak popularitas Kota Bengawan ini. Event digelar pada malam pergantian tahun itu diyakini menjadi daya tarik wisata.

Ketua Asita Solo, Suharto, menyatakan optimismenya gelaran CFN bakal mampu menggaet kunjungan wisatawan, khususnya domestik. Para pelancong dari kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Bandung dan beberapa kota lainnya dipastikan akan berlibur ke Kota Solo untuk merayakan malam pergantian tahun.

Dengan begitu, CFN bisa menjadi sarana promosi efektif bagi pengembangan pariwisata kota.
“CFN tentunya bisa menjadi daya tarik wisatawan domestik untuk singgah dan berkunjung ke Solo selama malam tahun baru,” tutur Suharto dikantornya, kemarin.

Suharto memperkirakan bakal terjadi lonjakan kunjungan wisatawan domestik hingga 20 persen. Lonjakan sebanyak itu, menurutnya didominasi kalangan keluarga dan pelajar yang ingin menikmati langsung suasana CFN Kota Solo.

Sementara itu, guna menjaga kondusivitas lingkungan, pihaknya berharap agar beberapa dinas terkait mencari solusi atas sejumlah permasalahan yang mungkin timbul. Seperti kemacetan panjang dan kerusakan taman kota di ruas jalur utama Kota Solo tersebut. – tml