Ribuan Rumah Warga Kayen Kebanjiran


JO, Pati Ribuan rumah warga di Kecamatan Kayen kembali kedatangan banjir ketinggian air bervariasi, Kamis  (5/1/2012) petang. Kebanjiran terparah dialami warga yang kebetulan tinggal dekat sungai Mangin.   Ribuan rumah warga yang tinggal di Desa Sumbersari, Slungkep, Kayen, Srikaton, dan Trimulyo, kembali harus kerja keras membersihkan rumah mereka dari lumpur dan sampah, akibat banjir bandang.

Camat Kayen Sudiharso kepada sejumlah jurnalist mengatakan, banjir bandang tersebut, terjadi sejak pukul 17.00 WIB, akibat meluapnya Sungai Mangin Kanan dan Kiri yang tidak mampu menampung debit air dari kawasan Pegunungan Kendeng.

“Beruntung saja, Sungai Mangin Kanan sudah dinormalisasi, sehingga daya tampung airnya semakin besar dibanding sebelumnya, sehingga jumlah rumah penduduk yang tergenang banjir semakin berkurang dibanding sebelumnya,” kata Sudiharso.

Banjir itu merendam 1.447 rumah warga yang tersebar di lima desa dengan ketinggian genangan bervariasi. Camat Sudiharso kawatir, ketika hujan turun lebih dari dua jam, akan menimbulkan potensi banjir di kawasan sekitar semakin besar. Karena kelima desa di wilayahnya sering dilanda banjir bandang.

“Warga di beberapa desa di Kecamatan Kayen, juga digerakkan untuk membersihkan selokan dan saluran air, untuk mengantisipasi banjir ketika turun hujan,” ujarnya.

Satu jam kemudian, genangan banjir kiriman itu dirumah-rumah warga mulai menurun dan warga kembali membersihkan sisa-sisa lumpur dan sampah yang masuk kerumah mereka. – gus