Rudyatmo: Pernyataan Dahlan, Lecehkan SMK

JO, Solo – FX Hadi Rudyatmo menilai pernyataan Menteri BUMN Dahlan Iskan tentang Esemka telah melecehkan karya anak SMK. Terkait pernyataan, Menteri BUMN itu yang mengatakan kalau mobil Esemka hanya sebagai sarana pembelajaran. Adapun pembuatan mobil tersebut tidak bisa diproduksi secara massal, bahkan dijadikan sebagai mobil industri.

“Mestinya Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN, harusnya lebih memberikan dorongan dan semangat kepada anak-anak SMK. Bukannya melecehkan hasil karya anak-anak bangsa sendiri,” tutur Wakil Walilota (Wawali) Solo itu kepada wartawan, Sabtu (14/1/2012).

Ditegaskannya, bahwa SMK merupakan bagian dari sebuah pendidikan. Dirinya juga menampik anggapan bahwa selama ini telah mengeksploitasi anak-anak SMK. “Tidak mengeksploitasi anak-anak SMK. Namun, kedepan yang bekerja di mobil Esemka adalah lulusan SMK dari seluruh indonesia,” tegas Rudy.

Wawali juga menilai, kalau tidak ada support dan dukungan dari Pemerintah Pusat, rencana produksi massal Esemka akan mengalami banyak hambatan. Oleh karenanya, perlunya dukungan dari berbagai pihak termasuk Pemerintah Pusat untuk mewujudkan industri mobil dalam negeri. “Yang harus menjadi pedoman buat kita semua, Jangan pernah menjadi kuli di negerinya sendiri,” ungkap Rudy. – tml