Jawa Tengah Terbaik di Penyuluhan Kehutanan

Ditunjuk pemerintah pusat menjadi salah satu di antara lima provinsi model untuk sistem penyuluhan kehutanan

JO, Semarang – Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kehutanan Kementerian Kehutanan Trisnu Danisworo di Temanggung, Jumat (27/1/2012), mengatakan, empat daerah lain yang ditunjuk sebagai provinsi model tersebut adalah Lampung, Kalsel, Sulsel, dan NTB.

Ia mengatakan hal tersebut usai menjadi pembicara dalam rapat koordinasi pemantapan penyuluhan tingkat Provinsi Jawa Tengah di Pendopo Pengayoman Temanggung. Menurut dia, penunjukan lima daerah tersebut sebagai provinsi model antara lain karena termasuk daerah yang mempunyai kelembagaan yang bagus, baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kecamatan.

Selain itu, katanya, dukungan pemerintah daerah yang baik terhadap penyelenggaraan penyuluhan. “Jawa Tengah dan empat provinsi lain tersebut dukungan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan penyuluhan cukup baik dan SDM penyuluh kehutanan sudah siap,” katanya.

Ia mengatakan, provinsi model tersebut terkait dengan bagaimana menerapkan sistem penyuluhan yang baik yang sudah dibangun melalui UU Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyelenggaraan Penyuluhan.

Ia menjelaskan, untuk menjadikan model tersebut pemerintah pusat akan mengawal penyelenggaraan penyuluhan di provinsi model itu, baik mengenai kelembagaan penyuluhan, SDM, maupun sarana prasarana yang mendukung penyuluhan dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota.

Menurut dia, provinsi model didesain dalam jangka waktu menengah sehingga kalau mereka sudah menjadi penyelenggara penyuluhan yang baik akan menjadi contoh untuk provinsi lain. “Provinsi lain akan melakukan studi banding ke provinsi model tersebut sehingga seluruh sistem penyuluhan di nusantara ini bisa mempunyai standar yang sama,” katanya. – ant/jt-1/tyo