Pemkab Wonogiri Jalin Kerja Sama dengan Bank Jateng

Pemimpin Bank Jateng Cabang Wonogiri, Adi Cahyono menandatangani naskah kerjasama pelayanan perbankan dengan Bupati Danar Rahmanto

JO, Wonogiri -Pemkab Wonogiri menjalin kerja sama pelayanan perbankan dengan Bank Jateng Cabang Wonogiri.

Nota kesepahaman tentang kerja sama ini ditandatangani bersama oleh Bupati Danar Rahmanto dan Pemimpin Bank Jateng Wonogiri, Adi Cahyono.

“Kami telah bertahun-tahun menjalin kerja sama dengan Pemkab, ini merupakan perbaruan dari naskah kerja sama yang pernah dilakukan,” ujar Pemimpin Bank Jateng Adi Cahyono. Kerja sama ini, menyangkut pengelolaan keuangan daerah, pelayanan pinjaman, simpanan dan jasa perbankan lainnya.

Bupati Danar Rahmanto minta, agar dalam memberikan pelayanan perbankan, Bank Jateng Wonogiri dapat mewujudkan pelayanan prima, melalui langkah percepatan dan ketepatan. “Baik dari segi informasinya maupun teknologinya,” kata Danar.

Pada tahun 2012, Bank Jateng Wonogiri bertekad meningkatkan kinerjanya guna meraih target peningkatan penyaluran kredit sebesar 20 persen. Ini menjadi bagian kiat untuk mewujudkan Bank Jateng Wonogiri, sebagai Bank Regional Champion di tahun 2014.

“Untuk tahun 2012, kami merencanakan peningkatan penyaluran kredit mencapai 20 persen dari pencapaian di tahun 2011,” ujar Pemimpin Bank Jateng Cabang Wonogiri, Adi Cahyono.

Kiat peningkatan ini, imbuhnya, kiranya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, melalui pemanfaatan pelayanan kredit program seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang bunganya turun menjadi 13 persen per tahun. Juga melalui pelayanan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE), yang bunganya hanya 5 persen per tahun, serta Kredit Pegawai atau personal loan dan kredit-kredit lain-lainnya.

Menurut Adi, selama setahun terakhir ini, Bank Jateng Wonogiri mampu menghimpun dana pihak ketiga (DPK) dari masyarakat sebanyak Rp 422 miliar atau meningkat 43,81 persen. Jumlah DPK dari Tabungan Bima mencapai Rp 156 miliar, berasal dari 24.102 penabung. Kemudian jumlah kredit yang disalurkan mencapai Rp 515 miliar atau meningkat 19,23 persen. –cn/bud