Bank Jateng Siap Salurkan Kredit untuk KSM

JO, Pekalongan – Bank Jateng Cabang Pekalongan siap menyalurkan kredit bagi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Hal tersebut disampaikan Pimpinan Bank Jateng Cabang Pekalongan Suharto pada pembahasan kerja sama PNPM Mandiri Perkotaan dengan Bank Jateng dan BRI di ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan,baru baru ini.

Dengan adanya perjanjian kerja sama yang akan ditandatangani dalam waktu dekat tersebut, KSM yang sebelumnya hanya mendapat fasilitas kredit dari PNPM Mandiri Perkotaan dalam bentuk dana bergulir, nantinya bisa mendapat fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) dari Bank Jateng.

Menurut Suharto, nantinya, KSM tidak hanya bisa mendapat fasilitas kredit dengan skema KUR, tetapi dimungkinkan untuk mengakses kredit skema lain. “Kami tidak hanya menyalurkan kredit melalui KUR, tetapi juga skim kredit lainnya,” jelasnya.

Hadir pada acara tersebut Wali Kota M Basyir Ahmad, Ketua Forum Komunikasi BKM Kota Pekalongan Sudjaka Martana, Pimpinan Bank Jateng Pekalongan Suharto dan pendamping yang tergabung dalam Forum Komunikasi Antar BKM, KSM, LPM se-eks karesidenan Pekalongan.

Anggota KSM yang bisa mengakses kredit dari Bank Jateng tersebut adalah anggota KSM yang dinilai layak dan mampu atau berada pada klaster tiga program penanggulangan kemisikinan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan.

Hadir pada acara tersebut Wali Kota Pekalongan M Basyir Ahmad, Ketua Forum Komunikasi BKM Kota Pekalongan Sudjaka Martana dan pendamping yang tergabung dalam Forum Komunikasi Antar BKM, KSM, LPM se-eks karesidenan Pekalongan. – cn/bud