Bank Jateng Salurkan Kredit Pada Sektor Pertanian Rp 200 Miliar

Dirut Bank Jateng, Hariyono panen singkong di Mertoyudan, Kab. Magelang

JO, Semarang – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng), selain serius memberdayakan UMKM, juga berani memberikan pembiayaan pada sektor pertanian. Salah satu upaya untuk membangun perekonomian petani, yaitu menjalin kerjasama dengan Koperasi Serba Usaha menyalurkan kredit kepada petani singkong di Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang dalam rangka pemberdayaan sekaligus peningkatan kesejahteraan petani sekitar.

Hal tersebut dikatakan Hariyono, Direktur Utama Bank Jateng saat panen Singkong ‘Dewo’ di Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang Minggu (29/4/2012). “Selama ini, bank cenderung menyalurkan kreditnya untuk bidang usaha seperti UMKM. Hanya sedikit yang berani ke sektor pertanian. Bank Jateng salah satu yang berani tersebut. Namun demikian, tentu kami akan pilih petani yang betul-betul serius dan potensial,” terangnya.

Menurut Hariyono manajemen sudah menyalurkan kredit Rp1 triliun sampai saat ini dan 20 persen atau Rp200 miliar ke sektor pertanian dan perkebunan. Sedangkan ke depan optimistis jumlahnya terus bertambah asalkan petani menanam tanaman memiliki prospek cerah.

Direktur Tanaman Semusim, Direktorat Perkebunan Kementrian Pertanian RI, Gede Wirasuta mengapreasiasi apa yang dilakukan Bank Jateng ikut membantu memberdayakan petani dan peternak tersebut. Karena itu berharap bisa dilakukan oleh bank lain sehingga mengatasi kesulitan petani mengakses kredit. –bud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.