Bank Jateng Siap Berikan Kredit Konstruksi Tanpa Agunan

JO, Semarang – Bank Jateng sepakat untuk memfasilitasi pembiayaan kredit-kredit konstruksi, baik yang berasal dari APBD Tingkat I atau APBD Tingkat II, maupun dari APBN, tanpa agunan. Demikian salah satu butir kesepakatan yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Jateng dan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Jaten.

Selain kredit, MoU juga mengcover berbagai bentuk kerja sama antara kedua belah pihak seperti dalam hal pemberian referensi maupun bank garansi yang biasanya digunakan sebagai persyaratan lelang. Menurut Pemimpin Cabang Utama Bank Jateng, Susanto Wedi, langkah itu dilakukan guna mempererat kerja sama yang telah terbangun antara Bank Jateng dengan Gapensi Jateng selama ini, sekaligus untuk mendorong laju pembangunan di berbagai daerah di provinsi ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pinjaman modal kerja tanpa agunan tersebut adalah tidak adanya jaminan fisik yang harus diserahkan kepada Bank Jateng untuk pemberian kredit dengan plafon sebesar Rp 1 miliar. Dengan tidak diwajibkannya debitur menyerahkan jaminan fisik kepada bank Jateng tersebut, katanya, maka dipastikan proses pengurusan akan lebih cepat, karena tidak ada peninjauan lapangan pada jaminan fisik yang dijadikan agunan.

Meskipun untuk pemberian kredit tanpa agunan plafonnya hanya Rp 1 miliar, lanjut Susanto Wedi, untuk pengajuan kredit yang disertai agunan, Bank Jateng siap memberikan kredit dengan plafon maksimal Rp 350 miliar, sesuai dengan ketentuan BMPK ( Batas Maksimal Pemberian Kredit ) yang ditetapkan.

“Jadi kami tetap bisa melayani pinjaman dengan nilai nominal besar, meskipun dengan cara sindikasi atau kerja sama dengan beberapa perbankan, tentu dengan sejumlah persyaratan berbeda dari pada yang tanpa agunan, seperti maksimal kredit yang bisa diberikan hanya 60% dari nilai proyek sebelum pajak, asuransi juga hanya meng-cover sebesar 70%, dan sisanya 30% harus penyediaan jaminan fisik atau cover tunai,” jelasnya.

Dia menambahkan untuk meng-cover pembiayaan kredit yang disalurkan itu, saat ini Bank Jateng telah menjalin kerja sama dengan lima perusahaan asuransi, di antaranya Asuransi Sarana Lindung Upaya (anak usaha Bank Jateng), Asuransi Kredit Indonesia, Asuransi Bangun Askrida, Jasa Raharja Putra dan juga Bumida.

Peningkatan jalinan kerja sama itu, kata Susanto, diharapkan mampu mendorong capaian akumulasi penyaluran kredit Bank Jateng dimana pada kuartal pertama tahun ini hampir mencapai nilai Rp 15 triliun, meningkat dibanding periode yang sama pada tahun lalu, sebesar Rp 13 triliun. – bud

One thought on “Bank Jateng Siap Berikan Kredit Konstruksi Tanpa Agunan

  • Kam, 6 Apr 2017 | 14:45 pada 2:45 PM
    Permalink

    #epoxysurabaya #epoxypasuruan #epoxysemarang #epoxysolo #epoxyyogyakarta #epoxyjawatimur #epoxybali #epoxyjawatengah #epoxybandung #epoxybanten #epoxyjakarta #epoxytangerang #epoxybogor #epoxybekasi #epoxyserang #epoxyjawabarat #epoxyjabodetabek #epoxylampung #epoxysumatra #epoxyindonesia
    Kepada Yth
    Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline

    Dengan Hormat
    Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING – Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis – untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik/perusahaan besar dan kecil. Beberapa diantarannya sbb:

    PROTECTIVE Coating
    1. Pabrik Farmasi – Sidoarjo
    2. Percetakan – Surabaya
    3. Pabrik Kopi Instan – Semarang
    4. Pabrik Plastik – Semarang
    5. Gudang Pakan Ternak – Semarang
    6. Pabrik Furniture – Semarang
    7. Pabrik Herbal – Salatiga
    8. Perakitan sepeda motor – Semarang
    9. Pabrik Pengalengan ikan – Banyuwangi
    10. Pabrik Tekstile – Semarang
    11. Pabrik mesin – Semarang
    12. Pabrik Minuman instan – Semarang
    13. Pabrik pengolahan ikan & Udang – Lampung
    14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
    15. Pabrik Roti Sariroti – Semarang
    16. Pabrik Herbal – Lampung
    17. Gudang Farmasi Pemprov – Lampung
    18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
    19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
    20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
    21. Pengalengan makanan – Yogyakarta
    22. Garment Industry (Emba Jeans) – Malang Jawa Timur
    23. Herbal & Pharmacy industry – Semarang Jawa Tengah
    24. Dll
    Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll)

    Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.

    Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional

    Untuk informasi dan konsultasi gratis
    Hubungi Kami
    Hp 0821 3851 5538
    WA 0813 9307 1048
    jinggaraya.coating@gmail.com

    Nb. Contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya

    Terima kasih
    Salam

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.