Gubernur Jateng Kucurkan 1,9 M Untuk Ketahanan Pangan

Kurang lebih Rp 1,9 milyar dana APBD Propinsi dikucurkan untuk penguatan Ketahanan Pangan di Kabupaten Wonogiri. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Gubernur
Kurang lebih Rp 1,9 milyar dana APBD Propinsi dikucurkan untuk penguatan Ketahanan Pangan di Kabupaten Wonogiri. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Gubernur

JO, Wonogiri – Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo memberikan bantuan  sebesar Rp 1,9 milyar  yang berasal dari APBD Provinsi, kucuran dana tersebut untuk penguatan ketahanan pangan di Wonogiri, pemberian bantuan tersebut bersamaan dengan rangkaian acara Pencanangan Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) di Desa Mandiri Pangan, Desa Joho Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri, Jum’at (15/2/2013)

Disampaikan Bibit Waluyo, untuk di Jawa Tengah ini terdapat 800 desa mandiri pangan dan 22 desa diantaranya berada di Kabupaten Wonogiri. Dari total bantuan tersebut  masing-masing desa ini memperoleh 47 juta. “Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik, dan bisa ngremboko,”jelas Gubernur.

Pada kesempatan itu, masalah ketersediaan air di musim kemarau juga menjadi perhatian Gubernur, beliau berjanji akan turut serta membantu mencari solusinya agar saat musim kemarau ketersediaan air juga tetap terjaga.

Sementara Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto mengatakan dalam laporannya, kalau kegiatan P2KP di Kabupaten Wonogiri telah dimulai sejak tahun 2010 di 16 kecamatan dan tersebar di 27 desa.
“Bahkan mendapatkan 2 penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Nasional atas nama Kelompok Wanita Tani Desa Semin Kecamatan Nguntoronadi dan Kategori pelayanan ketahanan pangan yang diberikan kepada  Wahyu Tulus Nugroho selaku pendamping P2KP di Semin,” terang Bupati, sehingga optimis dengan bantuan P2KP tahun 2013 ini kekuatan ketahanan pangan di Kabupaten Wonogiri akan semakin kokoh.

Gubernur Bibit Waluyo juga berkesempatan menyerahkan bantuan kepada Gapoktan Subur Makmur di Desa Banyakprodo Tirtomoyo berupa dana bantuan untuk Lembaga Distribusi Pangan masyarakat (LDPM) penumbuhan sebesar 150 juta .

Dan bantuan LDPM pengembangan sebesar 75 juta diserahkan kepada Gapoktan Rahayu Widodo Mojopuro Wuryantoro dan 8 Lumbung Pangan Masyarat Desa yang masing-masing mendapatkan bantuan sebesar 20 juta. Penyerahan LDPM dan ke 8 LPM ini sekaligus disampaikan saat peresmian Gudang LDPM di Nambangan Selogiri  – sry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.