Alur Sungai Dangkal, Gubernur Ngojek Lewat Pematang Sawah

Kunjungan_Gubernur_JatengJO, Pati – Perjalanan Gubernur Jawa Tengah dan rombongan, dalam rangka kunjungan kerjanya di Desa Wotan Kec. Sukolilo, Kabupaten Pati, Jum’at (5/4/2013) lalu, dengan menelusuri sungai, sempat mengalami hambatan, kemudian rombongan Gubernur Bibit Waluyo terpaksa mendarat jauh dari tempat yang direncanakan.

Hal itu terjadi, karena perahu yang ditumpangi, kandas akibat pendangkalan alur sungai. Gubernur Bibit Waluyo dan rombongan kemudian rela ngojek, sejauh 6 KM menuju lokasi untuk berdialog dengan warga desa Wotan.

Awalnya perjalanan melalui sungai menuju ke Desa Wotan Kec. Sukolilo, dari Jembatan Tanjang Gabus lancar. Namun, beberapa KM mendekati tempat pendaratan, perahu yang ditumpangi Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo; Kepala Bakorwil, Indra Surya; Bupati Pati, Haryanto dan rombongan, kandas. Tepatnya disalah satu titik alur sungai Silugonggo turut Desa Gadudero Kecamatan Sukolilo.

Menurut Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, pendangkalan alur sungai tersebut karena di bantaran kanan kiri sungai banyak ditanami tanaman pangan. Sehingga berdampak tanah di bantaran longsor dan mengakibatkan pendangkalan.

“Saya meminta masyarakat tidak lagi mengganggu bantaran sungai, sehingga tanah dibantaran tidak longsor. Karena memelihara sungai ini sangat mahal. Dan masyarakat yang menanam dibantaran, setelah dipanen diambil, tidak menanami lagi bantaran sungai,” kata Gubernur Jateng.

Gubernur Bibit Waluyo berharap Bupati, Camat, Kades, dan Kelompok Tani selalu mengingatkan warga tidak memanfaatkan bantaran sungai untuk bertani.

Saat berdialog, Gubernur banyak menerima pertanyaan terkait penuntasan normalisasi sungai Silugonggo sampai ke hulu, pupuk, soal pompa air yang tidak berfungsi sampai pada BOS bagi madrasah yang belum cair, sampai pencalonannya kembali pada Pilgub 2013.

Usai berdialog sebelum kambali ke Semarang, rombongan Gubernur Jawa Tengah, menyempatkan diri mampir dan bertemu dengan para sesepuh komunitas Sedulur Sikep di Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo.- hum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *