Ribuan Pelajar Pemeriksaan Mata Gratis di Alfamart

HARI PENDIDIKAN NASIONAL
IMG00265-20130502-0905JO – Dalam rangka memerangi gangguan penglihatan di Indonesia, Alfamart bekerjasama dengan Yayasan Lions Indonesia, Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) dan Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (GAPOPIN) meng­gelar program sosial bertajuk ‘Mataku Sehat’.

Dalam program tersebut, Alfamart dan Lions Indonesia menargetkan dapat menyalurkan 7000 buah kacamata kepada Pelajar Tingkat SD/SMP di seluruh Indonesia. Namun, guna mencapai target tersebut dibutuhkan belasan ribu anak untuk diperiksa. Oleh karena­nya, pada hari Kamis (2/5/2013) bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Panitia Pelaksana dari Alfamart, Lions dan PERDAMI secara se­rentak menggelar pemeriksaan mata gratis di 23 Lokasi Rumah Albi (Ruang Komunitas di Toko Alfamart) yang tersebar di 19 Kota di seluruh Indonesia.

Nur Rachman, Corporate Communication General Ma­nager Alfamart mengatakan 19 kota tersebut tersebar di Pulau Sumatera (Medan, Palembang dan Lampung), Jawa (Tangerang, Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Cimahi, Cirebon, Purwokerto, Semarang, Sukoharjo, Mojokerto, Jember, Sidoarjo), Bali (Mataram), dan Sulawesi (Makassar).

“Dari 19 kota tersebut ada beberapa kota yang pemeriksaannya dilakukan di 2 titik Rumah Albi yakni Jakarta, Bogor, dan Sidoarjo. Masing-masing titik akan memeriksa sedikitnya 100 anak yang telah terdeteksi gangguan penglihatan,” katanya.

Menurut Willy S. Dharma, Ketua Umum Yayasan Lions Indonesia, sekolah yang dipilih akan mendapatkan pemeriksaan mata di 23 Rumah Albi Alfamart. Jika diantara mereka ada yang harus memakai kacamata maka kacamata akan kami serahkan di sekolah masing-masing paling lambat 1 bulan setelah pemeriksaan.

Sementara itu, Prof. DR. Dr. Nila Moeloek, SpM selaku Ketua Umum PERDAMI, menyadari bahwa kesehatan mata anak-anak usia pendidikan sangat menentukan nasib bangsa. Generasi yang cerdas adalah generasi yang bersekolah dan dapat belajar dengan baik. Kelainan refraksi yang tidak disertai kemampuan membeli kacamata akan menjadi penghambat proses belajar mengajar dan kesuksesan pendidikan.

Oleh sebab itu, bersama dengan Alfamart sebagai CSR, dan LIONS Club selaku ujung tombak, PERDAMI berharap program pemeriksaan dan pembagian kacamata gratis terselenggara dengan baik, anak-anak yang tadinya tidak mampu belajar dengan optimal, akan terbantu menjadi lebih cerdas. Berjalannya program ini diharapkan menjadi pemicu untuk private sector lainnya bergilir mengambil peran serta dalam membantu pemecahan masalah ini dan program tersebut dapat berkesinambungan. – san

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.