Bibit Waluyo : Peran Penting PKK Bagi Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Gubernyr Jawa Tengah Bibit Waluyo
Gubernyr Jawa Tengah Bibit Waluyo

JO, Semarang – Gerakan PKK mempunyai peran yang sangat penting dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Ini dikarenakan berbagai kegiatan yang dilakukan PKK, seperti pemberantasan jentik nyamuk di rumah masyarakat dapat mengurangi serangan penyakit demam berdarah, sehingga kesehatan masyarakat terjaga.

Demikian dikatakan Gubernur Jawa tengah H Bibit Waluyo dalam sambutannya pada acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat X dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 Tingkat Provinsi Jawa tengah di Alun –alun Kota Magelang, Rabu (1/5).

Lebih lanjut Gubernur Jawa Tengah mengatakan, sejalan dengan kemajuan jaman, tuntutan kebutuhan masyarakat semakin tinggi. Untuk menyikapi hal itu maka PKK melalui 10 Program Pokok PKK harus dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan. Selain itu, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat hendaknya dijadikan roh dalam pembangunan, karena gotong royong merupakan jiwa dan budaya mesyarakat Indonesia.

Melaluipencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong , hendaknya mastarakat mampu mengembangkan kegiatan kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian, sedangkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah dijadikan sebagai pemicu atau stimulant bagi masyarakat dalam mengembangkan potensi ekonominya.

Dengan demikian kemandirian masyarakat dan kesejahteraan masyarakat meningkat. Guna mempercepatan pengentasan kemiskinan, saa ini Jawa Tengah juga terus mengembangkan Desa Mandiri Pangan (DMP). Pada tahun 2013, sebanyak 800 DMP di Jawa Tengah masing masing mendapat bantuan sebesar Rp. 47 juta yang dipergunakan untuk mempercepat terwujudnya kemandirian pangan desa. Bantuan dipergunakan antara lain untuk meningkatkan ketersediaan benih tanaman dan pengembangan usaha masyarakat.

Di bagian lain, Gubernur Jawa Tengah menyampaikan apresiasi kepad Pemerintah Kota Magelang yang terus membenahi kota dan menjadikan Magelang sebagai tujuan wisata, Gubernur Bibit Waluyo optimis pengembangan pariwisata akan menjadi daya ungkit ekonomi masyarakat yang kuat. Terlebih dalam waktu mendatang berbagai peningkatan infrastruktur pendukung, seperi jalan tol, bandara, dan pelabuhan Tanjung Emas Semarang telah selesai, sehingga memudahkasn akses ke Jawa Tengah, termasuk ke Kota Magelang.

Dalam pencanangan tersebut, Gubernur Jawa Tengah telah menyerahkan berbagai penghargaan dan hadiah lomba, diantaranya lomba Pelaksanaan 10 Program Poko PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diraih oleh PKK Kabupaten Purbalingga, Lomba Tertib Administrasi PKK, Lomba Pemanfaatan TOGA, Lomba Kestuan Gerak PKK KB Kesehatan, Pemilihan Pelaksana Terbaik Gotng Royong Masyarakat, dan penilaian Perilaku Hidup Bersihdan Sehat (PHBS).

Selain itu Gubernur Jawa Tengah juga menyerahkan berbagai bantuan untuk masyrakat , seperti bantuan kewirausahaan yang diterima kelurahan Kedungsari, Magelang, bantuan Pengemasan Produk Daging kepada RPH Kota Magelang, dan berbagai bantuan lainnya. Gubernur Bibit Waluyo berharap bantuan bantuan tersebut agar dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. –bud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.