Panwas Temukan Snack Bergambar Cagub-Cawagub

Kantor Panwascam Pedan Klaten.
Kantor Panwascam Pedan Klaten.

JO, Klaten – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pedan menemukan sebuah pelanggaran yang dilakukan Kepala Desa Temuwangi saat kegiatan piknik ibu-ibu Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Temuwangi yang dilakukan Minggu (12/5/2013) kemarin.

Pelanggaran tersebut diketahui seorang anggota Panwascam Pedan Yuni Hartanti. Menurut Yuni yang juga sebagai anggota PKK Desa Temuwangi mengungkapkan kegiatan piknik yang diikuti sekitar 300 orang itu terbagi dalam lima bus, dengan tujuan ke daerah wisata Bandungan dan Ambarawa.

“Awalnya saya tidak tahu adanya motif kampanye dalam piknik tersebut. Saat kami naik bus, kami sudah diberi bungkusan snack. Isinya aneka makanan seperti arem-arem, roti, tahu bacem, dan segelas air mineral. Anehnya dalam kardus juga ditemukan kartu berisi gambar Pasangan Ganjar-Heru. Kami baru sadar ternyata ada muatan kampanye dalam piknik itu,” ungkap Yuni saat ditemui wartawan di Kantor Panwascam Pedan, Senin (13/5/2013).

Sedangkan Ketua Panwascam Pedan, Sarwono mengungkapkan, kegiatan piknik tersebut memang difasilitasi Kepala Desa (Kades) Temuwangi, Marwanto, yang juga menjabat sebagai pengurus struktural PDIP di Kecamatan Pedan. Padahal, sebelumnya pihak Panwascam sudah melarang kepada seluruh Kades di Pedan untuk bersikap netral dalam Pilgub Jateng.

“Kami sudah memberikan surat edaran di semua desa. Intinya, para kades dan PNS harus bersikap netral dalam Pilgub Jateng. Tapi ternyata surat edaran itu malah dilanggar,” ungkap Sarwono.

Sementara itu, Kades Temuwangi, Marwanto saat dihubungi melalui ponsel mengakui jika kegiatan piknik memang difasilitasi dirinya setelah memenangkan Pilkades, sebagai bentuk syukuran.

Marwanto mengaku hanya dititipi snack oleh pengurus ranting PDIP Temuwangi, Parjo. Dia mengaku tidak tahu menahu jika dalam bungkus snack tersebut berisi gambar pasangan Ganjar-Heru. – tml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!