HUT Kendal Adakan Lomba Membatik Bersama Alfamart

Foto Membatik3JO, Kendal – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun kota Kendal ke-408, pemerintah daerah bekerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya,Tbk melalui jaringan Alfamart menyelenggarakan lomba membatik khas Kendal. Kegiatan yang dilaksanakan di Agro Tirto Arum itu, ternyata banyak sekali peminatnya hingga terlihat ramai para peserta.

Sedikitnya 89 orang mulai dari tingkatan anak remaja hingga dewasa tampak memadati acara yang digelar secara umum di pelataran pariwisata tersebut. Mulai dari kelompok seni pembatik lokal hingga pembatik komersial turut andil bagian dalam rangkaian kegiatan HUT Kendal. Kegiatan yang diselenggarakan sejak pagi hingga sore hari itu, dihadiri sejumlah pejabat dari pemerintah daerah seperti Sekda Kendal Ir. Bambang Dwiyono,MT dan pejabat dari cabang Alfamart Semarang.

Bahkan saking antusiasnya, mereka sudah sejak pagi sudah terlihat berjubel memadati areal lomba dengan membawa peralatan membatik seperti, canting, malam, ember, kompor dan lain-lain. Rencananya hasil dari kegiatan lomba membatik ini akan dijadikan sebagai salah satu Ikon Batik Kendal 2013.

Menurut Agus Dwi Lestari, panitia kegiatan membatik ini, sengaja pihaknya menggandeng sponsor tunggal dari Alfamart ini karena melihat Alfamart akhir-akhir ini terus peduli dengan lingkungan masyarakat termasuk soal budaya. “Dalam kegiatan membatik tahun kedua ini, kita menggandeng Alfamart untuk memeriahkan rangkaian kegiatan memperingati HUT Kabupaten Kendal yang ke 408,” katanya. Ditambahkan Agus, dari jumlah itu panitia akan menyeleksi sepuluh besar untuk diajukan kepada Bupati sebagai ketua tim juri.

Sementara itu Branch Manager Alfamart Semarang, Leo Hartoko menyampaikan kegiatan membatik ini juga menjadi bagian dari enam program kegiatan CSR Alfamart yakni Alfamart Vaganza (seni dan budaya). “ Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini khususnya tentang pelestarian budaya,” jelas Leo Hartoko. Ditambahkan Leo, selain bisa menumbuhkan rasa cinta produk lokal, kegiatan ini juga bisa menumbuhkan minat para pengrajin batik untuk lebih berkreasi. Sehingga dengan diselenggarakan lomba membatik ini, diharapkan kabupaten Kendal nantinya semakin mudah dikenal masyarakat luas karena produk batikya.

Puncak rangkaian kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2013 malam dengan diumumkannya para pemenang lomba oleh Bupati Kendal Dr Widya Kandi Susanti MM dihadapan masyarakat Kendal. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadikan pilar dan mendorong bagi para seniman dan budaya untuk terus berkreasi dalam melestarikan budaya dijaman sekarang ini. – san

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.