XL Uji Kesiapan Layanan dan Jaringan

Jelang Ramadhan & Lebaran

NetRally BTS: Direktur Service Management XL – Ongki Kurniawan (kiri) dan Vice Presiden Project Management Service XL – Agus Simorangkir menjelaskan kesiapan jaringan XL dalam menghadapi lonjakan trafik saat Ramadan dan Lebaran tahun ini di Boyolali, Rabu (18/6). Kunjungan ke lokasi BTS ini sebagai bagian dari program NetRally – Uji Layanan dan Jaringan XL jelang Ramadan dan Lebaran 2013.
NetRally BTS: Direktur Service Management XL – Ongki Kurniawan (kiri) dan Vice Presiden Project Management Service XL – Agus Simorangkir menjelaskan kesiapan jaringan XL dalam menghadapi lonjakan trafik saat Ramadan dan Lebaran tahun ini di Boyolali, Rabu (18/6). Kunjungan ke lokasi BTS ini sebagai bagian dari program NetRally – Uji Layanan dan Jaringan XL jelang Ramadan dan Lebaran 2013.

JO – Tidak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadan dan merayakan Lebaran. Seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, selama momen istimewa tersebut akan terjadi kenaikan trafik semua layanan seluler, baik voice, SMS, dan terutama data/internet. Untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pelanggan atas berbagai layanan tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) telah bersiap diri, baik dari sisi produk layanan maupun kualitas jaringan.

Direktur Service Management XL – Ongki Kurniawan mengatakan, ”Momentum Ramadan dan Lebaran kami manfaatkan untuk memastikan kualitas layanan XL yang terbaik bagi pelanggan. Untuk itu, kami mengajak serta media dan para pegiat jejaring sosial untuk mencoba sendiri berbagai layanan kami yang bermanfaat untuk mendukung aktivitas selama Ramadan dan Lebaran, yang bisa diakses hingga ke pelosok daerah. Kegiatan ini sekaligus juga menjadi sarana menguji kualitas jaringan XL di wilayah Jateng dan Jatim yang saat ini masih terus dalam proses modernisasi.”

Uji layanan dan jaringan XL ”NetRally 2013” dilakukan di wilayah Jateng dan Jatim, dengan menempuh perjalanan dari Solo – Sragen – Ngawi – Madiun – Ponorogo. Rute tersebut melintasi kota besar dan kecil yang bisa menjadi gambaran jangkauan layanan XL di sebagian besar wilayah Indonesia. Selama perjalanan, peserta diajak untuk mencoba berbagai layanan, baik yang berbasis jaringan 2G (konten dan Location base service/LBS), maupun 3G (internet cepat dan layanan hiburan).

Selain itu, XL juga memberikan pengalaman kepada peserta untuk menggunakan layanan e-payment XL Tunai. Madiun menjadi tempat untuk menguji layanan XL Tunai, yaitu fungsi mengirim dana ke sesama pengguna XL Tunai, membayar belanja di Alfamart, serta menarik dana tunai. Uji coba ini guna mengetahui kesiapan XL dan para partner dalam menyelenggarakan layanan XL Tunai di kota kecil. Uji layanan akan dilakukan baik secara bergerak (di atas kendaraan) maupun tidak bergerak. Uji layanan ini sekaligus menjadi sarana untuk menguji kualitas jaringan.

Layanan lain yang juga didemonstrasikan adalah layanan berbasis LBS (untuk mencari keberadaan obyek tertentu seperti fasilitas umum, masjid, restoran, pompa bensin, dan ATM bank. Juga ada layanan konten XPressMe, Games KotaGames, serta chatting KakaoTalk. Sementara itu, untuk layanan hiburan, peserta mencoba  XL Karaoke yang berbasis 2G, maupun XL Nonton dan Kpop Portal yang harus menggunakan 3G. Untuk akses internet yang lebih prima, peserta juga bisa mencoba browser OperaMini.

”Uji coba layanan-layanan ini tidak lepas dari terus bergeseran pola konsumsi layanan telko oleh pelanggan. Saat ini trafik layanan data dan layanan non Voice/SMS terus meningkat. Selain itu, harga ponsel 3G yang semakin murah dan terjangkau, pada kenyataannya, berbagai layanan berbasis data dan konten terus muncul yang menawarkan berbagai manfaat, termasuk untuk hiburan dan transaksi. Dengan modernisasi jaringan yang terus kami lakukan ke semua wilayah, maka di manapun pelanggan XL berada, mereka juga bisa menikmati layanan-layanan tersebut,” imbuh Ongki. – tyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *