Sejumlah Komoditas di Pasar Tradisional Turun

Mendekati pekan kedua puasa
pedagang sayurJO, Solo – Harga sejumlah komoditas di pasar tradisional Kota Solo pada pertengahan puasa ini relatif turun dibanding  awal Ramadhan 1434H lalu. Hal itu terlihat dari pantauan di Pasar Legi dan Pasar Jongke, yakni beberapa harga komoditas pokok seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan telor ayam ras pada Rabu (24/7/2013) kecenderungannya  turun.

Jika sebelumnya cabai rawit dipasarkan dengan harga Rp 58 ribu perkilogram, pada pertengahan pekan ini turun jadi Rp 53 ribu perkilogram.

Demikian pula dengan bawang merah, jika semula dipasarkan seharga Rp 33 ribu perkilogram, saat ini komoditas tersebut dijual seharga Rp 26 ribu perkilogram. Sedangkan telor ayam ras saat ini ditawarkan seharga Rp 15 ribu perkilogram dari harga semula sebesar Rp 17 ribu perkilogram.

Menyikapi tren harga ini, Sekretaris Tim Pengarah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Surakarta, Ismet Inono, menyatakan TPID akan terus melakukan pemantauan komoditas di pasar tradisional guna menjaga stabilitas harga. Mengingat menjelang Lebaran biasanya harga kembali melambung.

“Secara umum memang sudah mulai terjadi penurunan (harga) sebagian besar komoditas bahan makanan pokok, walaupun memang masih belum di level yang sama sebagaimana tahun lalu. Trennya sudah mulai kelihatan ada penurunan,” katanya kepada wartawan, di sela-sela kegiatan inspeksi harga di Pasar Jongke, Laweyan, Rabu (24/7).

Kendati harga sejumlah komoditas cenderung turun, namun tekanan inflasi diperkirakan masih akan tetap ada. “Nanti kami akan monitor lagi di minggu kedua dan keempat,” pungkas Ismet Inono. – tyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.