Sepur Kluthuk Daya Tarik Bakdan Balekambang

Integrasi Wisata Budaya,
Sepur Kluthuk Jaladara Siap Manjakan Wisatawan Lebaran

Daryono, Direktur Sinergi Even Management
Daryono, Direktur Sinergi Even Management

JO, Solo – Upaya mendongkrak destinasi kota Solo, pada momentum Lebaran dimanfaatkan oleh penggiat pariwisata di kota ini dengan menggelar even Bakdan Ing Balekambang Sepur Kluthuk Jaladara yang menjadi ikon wisata kota Solo, siap memanjakan wisatawan saat moment Lebaran dengan alokasi Sembilan paket perjalanan (trip) wisata yang terbagi dalam tiga hari. Paket perjalanan mulai Jumat (9/8) pukul 13.00 WIB sampai Minggu (11/8) dengan trip pertama mulai pukul 10.00 WIB.

Dikatakan, paket wisata sepur kluthuk Jaladara senilai Rp 150.000 tersebut telah diintegrasikan dengan produk wisata lain kebanggaan Kota Solo yang telah digelar saban Lebaran, antara lain Bakdan Ing Balekambang dan Sendratari Ramayana yang pada tahun ini mengangkat tema anoman obong.

“Setiap paket wisata dalam Sembilan trip mulai tanggal 9-11 Agustus 2013 tersebut penumpang mendapatkan fasilitas antara lain jajanan pasar, piagam, serta potongan harga tiket menyaksikan Sendratari Ramayanan senilai Rp 50.000 dari harga tiket sendratari senilai Rp 75.000,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari Sembilan trip awal yang direncanakan, telah mengalami penambahan trip di hari Sabtu (10/8). Tidak menutup kemungkinan bakal ada lonjakan trip di hari-hari menjelang lebaran. “Sudah menjadi komitmen kami untuk membawa penumpang berapapun jumlahnya. Kami juga telah melakukan komunikasi dengan Dinas Perhubungan dan Komunikasi (Dishubkominfo) Kota Surakarta dan PT KAI terkait kemungkinan penambahan trip,” ujarnya.

Dikatakannya juga, integrasi paket wisata tersebut juga sebagai upaya mempertahankan wisatawan untuk stay lebih lama di kota Solo yang nantinya berimbas pada pelaku usaha lain yang berkecimpung di dunia pariwisata, semisal travel agent dan perhotelan.

“Dalam paket wisata ini, kami menggandeng travel agent dan perhotelan. Setidaknya kami memasang empat standing banner di setiap hotel dan kantor travel agent,” imbuhnya.

Diakuinya, animo wisatawan cukup bagus. Hingga H-4 perjalanan telah ada pesanan sebanyak 50 seat dari corporate Jakarta, serta telah ada booking juga dari semarang. “Total wisatawan sekitar 700 orang dengan alokasi 10 trip sementara ini. Last minute  sulit diprediksi, tahun lalu saja, dari dua trip yang direncanakan, membengkak jadi lima trip. Tahun ini kami bersiap untuk kemungkinan lonjakan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *