50 Miliar Rupiah Untuk Enterpreneur Muda

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetio
Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetio

JO, Solo – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) pada 2013 ini menggelontorkan dana bantuan sosial senilai Rp 50 miliar bagi wirausahawan pemula.

Dana sebesar itu, menurut Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetio, disalurkan secara merata ke-33 provinsi di Indonesia. Adapun hingga pertengahan Maret 2013 lalu, tercatat ada 2200 wirausahawan pemula yang menerima dana bantuan sosial tersebut.

Dalam penyalurannya, besaran dana yang dikucurkan ke pihak penerima relatif tidak sama bergantung jenis usaha. Sementara khusus untuk wirausahawan pemula di kawasan Soloraya, Kemenkop siap menggelontorkan dana bantuan senilai Rp 150 juta.

“Bantuan sosial 2013 itu kami punya Rp 50 miliar dibagi untuk 33 provinsi. Sebelum ke sini (Kota Solo) masih ada sisa di bawah Rp 1 miliar. Saya pikir kalau untuk Solo sebagai stimulan kami kasih Rp 150 juta,” kata Prakoso Budi Susetio kepada wartawan, di sela-sela acara Workshop Menggali Potensi Ide Bisnis, di Hotel Dana, Rabu (21/8/2013).

Langkah Kementerian Koperasi dan UKM menggelontorkan dana bantuan sosial ini diharapkan bisa mengerek jumlah wirausahawan Tanah Air. Jika saat ini jumlah wirausahawan masih 1,6 persen, melalui program tersebut diharapkan bisa meningkat menjadi dua persen hingga akhir tahun mendatang. – tml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.