800 UKM Jajaki Pasar Malaysia

JO– Menyambut perdagangan bebas ASEAN Economic Community (AEC), PT Sinde Budi Sentosa memberikan kesempatan bagi 800 pedagang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mengunjungi pasar Malaysia. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berharga bagi para pedagang mengenai persaingan dan peluang pasar di luar Indonesia.

http://mix.co.id/headline/sinde-budi-gelar-program-pemberdayaan-ukm/
http://mix.co.id/headline/sinde-budi-gelar-program-pemberdayaan-ukm/

Dengan jumlah penduduk terbesar di ASEAN (40%) dan GDP per capita yang melewati angka USD 3.000, pasar Indonesia menjadi pusat perhatian negara-negara di seluruh dunia. ASEAN Economic Community (AEC) yang akan dilaksanakan tahun 2015, membuka kesempatan bagi para pengusaha dari negara ASEAN lainnya untuk masuk ke pasar Indonesia lebih mudah.

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), 99,99% dari total usaha di Indonesia adalah UKM yang tercatat berjumlah 56 juta UKM tersebut menyerap 107 juta tenaga kerja atau 97,16% dari total tenaga kerja di Indonesia dan menyumbang Rp 4.303 Triliun atau 58% terhadap PDB 2011 (atas harga berlaku).

Walau ber-kontribusi besar terhadap PDB, total expor UKM hanya mencapai Rp 187,4 Triliun. Sejak 2005, neraca perdagangan Indonesia terhadap negara-negara ASEAN lainnya selalu mengalami deficit dan hampir 40% dari seluruh expor Indonesia masih berupa bahan baku alam seperti batubara, minyak nabati, gas dan minyak bumi. Oleh karenanya, beberapa pakar menyatakan bahwa daya saing Indonesia masih kurang dibandingkan negara ASEAN lainnya dan AEC 2015 ber-potensi untuk membunuh industri nasional; terutama para UKM nasional yang masih rentan.

Mengantisipasi AEC 2015, Sinde berniat untuk membuka wawasan para pedagang UKM Indonesia terhadap peluang pasar di negara-negara ASEAN. Pada bulan Maret 2013, Sinde memberangkatkan 600 pedagang UKM dari berbagai pelosok Indonesia ke Thailand. Program tersebut berlangsung sukses dengan lebih dari 95% peserta memberikan penilaian yang bagus terhadap program tersebut.

Pada tanggal 2-5 Oktober, Sinde tetap berkomitmen dengan aksinya lewat pemberangkatan 800 pedagang UKM ke Malaysia. Dipilihnya Negeri Jiran menjadi tujuan kedua Sinde karena sebagai negara yang masih memiliki rumpun dan kultur yang serupa dengan Indonesia. Diharapkan para pedagang UKM dapat dengan mudah menyerap ilmu, bertukar pengalaman, dan mampu mempelajari kondisi pasar di sana hingga siap bersaing di era globalisasi.  Selain itu dukungan Pemerintah Malaysia lewat instansi Kebudayaan Pariwisata dan juga Perdagangannya, menyambut positip atas kunjungan 800 pedagang UKM ke negeri mereka.

Asisten Presiden Direktur PT Sinde Budi Sentosa, Jony Yuwono mengatakan,  bahwa program ini merupakan bentuk idealisme Sinde dalam membantu program pemerintah dalam pemberdayaan UKM.

“Harapannya, para UKM yang sedang berkembang ini mendapat pembelajaran yang bermanfaat dari negara tetangga agar kita semua bisa siap menghadapi AEC 2015 yang membawa persaingan yang lebih intense,” ujar Jony.

Ditambahkan Jony, selain memetik pengalaman dari sesama para pedagang, UKM juga dapat melihat peluang untuk memasarkan produk Indonesia di Malaysia.

Tentang PT Sinde Budi Sentosa
PT. Sinde Budi Sentosa (Sinde)  adalah perusahaan industri farmasi nasional yang berdiri sejak tahun 1978. Dengan memanfaatkan berbagai macam bahan-bahan tradisional berbasis herbal yang diproses dengan teknologi modern, Sinde memproduksi berbagai minuman kesehatan serta obat-obatan. Beberapa contoh produk unggulan Sinde adalah Larutan Penyegar Cap Badak, Lasegar, Ena’o, Teangin, Liang Teh Cap Pistol dan Delipo.

Tidak lupa akan asalnya sebagai usaha kecil pada tahun 70-an, Sinde selalu berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada para pengusaha kecil dan menengah. Sejak tahun 2005, Sinde secara rutin melaksanakan program ‘Mudik Bersama’ dengan para pedagang kecil dan asongan. Hingga saat ini, telah tercatat lebih dari 15.000 pedagang kecil dan asongan yang diberangkatkan ke kampung halaman-nya melalui program ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.