Leak Kisahkan NKRI

DSC_0021JO, Solo – Sejumlah 300 anak dari jenjang Kelompok Bermain (KB) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Solo bakal mementaskan opera kolosal kebangsaan bertajuk Namaku Indonesia pada 18 – 19 Oktober 2013 di Teater Besar Insitut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Sutradara Opera Kebangsaan bertajuk Namaku Indonesia, Sosiawan Leak mengatakan, kegiatan ini termasuk pementasan besar dari suatu yayasan pendidikan di Solo utamanya dalam mengusung opera kolosal dalam bentuk multi unsur dan multi media. Yang di dalamnya nanti tidak hanya melibatkan unsur tari, tetapi juga memasukkan unsur musik modern maupun etnik, unsur teater, hingga unsur video art.

Menurutnya, dari segi cerita, opera ini mengisahkan judul Namaku Indonesia yang disimbolkan dengan kisah perjalanan kehidupan seorang perempuan muda sampai menjadi tua, seorang Ibu Pertiwi yang gemah ripah loh jinawi, zamrud khatulistiwa dari Sabang sampai Merauke, yang kemudian menjadi rebutan para penjajah dari Portugis, Belanda dan Jepang.

Akan tetapi para putra putri Ibu Pertiwi ini dengan semangat pantang menyerah, besarnya rasa cinta kepada tanah air, dengan dibalut rasa persatuan dan kesatuan menjadikan Ibu Pertiwi tetap berdiri tegak dan tidak goyah dengan tantangan jaman sampai masa kini. Perjalanan yang mengisahkan tentang sejarah lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini di dalamnya membawa pesan berupa spirit untuk merawat Indonesia dengan baik, pungkas Leak. – tyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *