Solo Imlek Festival, Satukan Aneka Even

Panitia Imlek Bersama  saat jumpa wartawan di Aula PMS, Sabtu (4/1/2014)
Panitia Imlek Bersama saat jumpa wartawan di Aula PMS, Sabtu (4/1/2014)

JO, Solo – Selain mendukung  kegiatan Grebeg Sudiro yang merupakan event rutin yang sudah menjadi agenda resmi dari pemerintah kota (Pemkot) dan aksi sosial cabut paku di pohon-pohon dan pembersihan Kali Pepe serta pentas Baronsai maupun Liong keliling Kota Solo.

Panitia Imlek Bersama yang terdiri dari enam perkumpulan warga Tionghoa mulai dari  seperti PMS, Himpunan Fuqing, Perhakkas, Perkumpulan Hoo Hap, Makin Surakarta dan Perwagas, juga akan menghias ornamen-ornamen Imlek, seperti Lampion dan Gapuro Imlek di Pasar Gede. .

Tanu Kismanto selaku Ketua Panitia Imlek Bersama menuturkan, rangkaian kegiatan menyambut Imlek tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Termasuk penyelenggaraan Solo Imlek Festival (SIF) di sebelah utara Benteng Vastenburg yang masih dalam lingkup kawasan pecinan.

“SIF akan menampilkan produk industri kreatif khas Tionghoa. Ragam kesenian dan kebudayaan masyarakat Tionghoa juga akan ditampilkan di sana, sebagai akulturasi Jawa – Tionghoa” katanya.

Dalam SIF, panitia menyiapkan 88 stan untuk ekonomi dan 10 stan untuk budaya.  Sebenarnya ini bukan hal baru dilakukan, hanya saja dulu itu diselenggarakan satu-satu, dan tempat yang berbeda mulai mall hingga area publik,  sekarang dijadikan satu dengan dikemas unsur ekonomi dan budaya.

“Perayaan Imlek kali ini akan  lebih semarak jika dibandingkan dengan perayaan tahun sebelumnya,” terang Tanu. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *