Unisri Buka Bersama

DSC_0288eJO, Solo – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Senin (14/7/2014), menyelenggarakan acara buka puasa bersama (Buber). Bertempat di Auditorium Unisri, menampilkan pembicara Ustdz Dr. HM. Joko Riyanto. Buka bersama dihadiri civitas akademika Unisri terdiri atas dosen, karyawan, dan mahasiswa, serta anak-anak TPA masjid Ar Rahman Unisri.

Acara dibuka oleh Rektor, Prof. Dr. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa buka bersama ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap bulan ramadhan, beliau berharap semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari ibadah puasa kali ini, ungkapnya.

Sementara itu dalam ceramahnya, Ustdz Dr. HM. Joko Riyanto, menyampaikan tauziah mengenai hubungan manusia yang bersifat vertikal (hablumminallah) dan horizontal (hablumminannaas). Hubungan vertikal adalah hubungan antara individu dengan Tuhan, sedangkan hubungan horizontal adalah hubungan antar-makhluk.

Dimana Islam memandang sesuatu dari dua sudut pandang sekaligus yaitu, pandangan ke dunia sekarang ini dan pandangan ke hari kemudian. Artinya, kehidupan di dunia ini, baik yang menyangkut kehidupan yang bersifat materi, sosial, politis, ekonomi, teknologi, individu, masyarakat, pemerintahan, negara tidak bisa dilepaskan dari ibadah kepada Tuhan.

Mengapa? Karena Islam adalah bukan hanya mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan saja, tetapi mengatur hubungan antara manusia dengan manusia lainnya. Kedua-duanya adalah ibadah. Inilah kuncinya dalam Islam. – *ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *