Unisri Gelar Pelatihan Batik Jumputan

DSC_0382eJO, Solo – Mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, bertempat di balai desa Pulutan, kecamatan Nogosari, kabupaten Boyolali, selama dua hari Selasa dan Rabu (22-23/7/2014) menggelar pelatihan pembuatan batik jumputan, diikuti 20 peserta.

Selain mendapatkan pelatihan pembuatan batik jumputan, juga diisi pembekalan motivasi wirausaha dan tips pemasaran yang aplikatif yang disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi Unisri.

Koordinator  Pelatihan, Bigar, latar belakang penyelenggaraan  pelatihan pembuatan batik jumputan, karena motif batik jumputan memiliki pasar yang sangat prospektif dan bernilai ekonomis tinggi. Di samping itu proses pengerjaannya mudah, bisa menjadi kerja sambilan para ibu, tanpa mengganggu kesibukannya sebagai ibu rumah tangga.

“Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, modal utamanya hanya butuh kesabaran. Kami yakin usaha home industri ini bila ditekuni akan mampu meningkatkan kesejahteraan rumah tangga. Apa lagi saat ini di Indonesia, sentra pembuatan batik jumputan baru ada di Yogya“ paparnya.

Acara dibuka oleh ibu kepala desa Pulutan, Giyarti, dalam sambutannya, berharap agar para ibu serius dan tekun dalam mengikuti pelatihan, sehingga nanti ilmu dan ketrampilan yang didapat betul-betul dapat diamalkan.

“Jangan obor blarak, berhenti di pelatihan, kami berharap hasil pelatihan bisa dikembangkan dan berkelanjutan, sehingga ibu-ibu  bisa mendapatkan hasil sampingan,  bisa meringankan beban suami dalam mencari nafkah“  ungkapnya. -*ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *