SBC Cikal Bakal Wisata Karnaval

JO, Jember – Solo Batik Carnival (SBC) memukau ribuan penonton Pagelaran “Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia” (WACI) memamerkan wisata karnaval Indonesia dari enam propinsi dalam rangkaian kegiatan Jember Fashion Carnival International Event 2014 di Central Park, Alun alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, 20-24 Agustus 2014 lalu.

Kostum menarik dengan motif batik menjadi daya tarik tersendiri, pada tampilannya di WACI SBC membawa tema Wahyu Tumurun, Majestic Treasure. Batik bersama motif dan warnanya, mengandung makna mendalam yang memberikan ajaran-ajaran kebaikan, yaitu sebuah tatanan dan tuntunan dalam menjalani kehidupan. Adanya kekuatan motif yang tidak saja indah secara visual, namun juga indah secara maknawi maupun nilai filosofi. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh batik di negara lainnya.

Batik sebagai bagian dari budaya Jawa hingga saat ini masih sangat kuat keberadaannya, tidak hanya sekedar pakaian semata, namun merupakan “uwoh pangolahing budi” leluhur jawa.

WACI diikuti oleh Jember Fashion Carnival (JFC) mewakili Jawa Timur, Kuta Carnival mewakili Bali, Bangka Belitung Carnival wakil dari Propinsi Bangka Belitung , Solo Batik Carnival mewakili Provinsi Jawa Tengah, Tenggarong Kutai Carnival mewakili Kalimantan Timur, Kepualuan Riau diwakili oleh Batam Carnival dan Tanjung Pinang Carnival, sedangkan DKI Jakarta diwakili oleh lima komunitas karnaval yakni Gading Nite Carnival, Jak Carnival, Humanoid International Festival, Cosplay Parade, dan Jakarta Children’s Creative Carnival.

Mewakili Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraft) Direktur Pengembangan SDM Kemenparekraf Igde Pitana, melepas secara resmi karnaval enam propinsi tersebut.

“WACI merupakan kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) dengan menjadikan Jember sebagai tuan rumah,” sambutannya saat pelepasan iringan parade. Sabtu (23/8/2014). – tyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *