Bantuan Sosial Alfamart – PMI

Mobil Donor Darah dan Mobil Tangki Air Bersih Untuk PMI
Kerja Sama PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dengan Palang Merah Indonesia (PMI)

Dari kiri : Menteri Perdagangan Republik Indonesia Gita Wirjawan, Ketua PMI HM Jusuf Kalla, Ketua APRINDO Pudjianto foto bersama saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman "Peduli Sesama Melalui Kemitraan PMI, APRINDO, di salah satu perusahaan ritel di Jakarta Pusat
Dari kiri : Menteri Perdagangan Republik Indonesia Gita Wirjawan, Ketua PMI HM Jusuf Kalla, Ketua APRINDO Pudjianto foto bersama saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman “Peduli Sesama Melalui Kemitraan PMI, APRINDO, di salah satu perusahaan ritel di Jakarta Pusat

JO – Menindaklanjuti komitmen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam kegiatan kemanusiaan di Indonesia, selaku anggota APRINDO PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) pengelola Alfamart meluncurkan program “Blood And Water For Life” yang bertujuan membantu pengadaan sarana penunjang kesehatan bagi PMI.
Perusahaan melakukan penggalangan donasi pelanggan pada periode 1-31 Oktober 2014 diseluruh toko Alfamart yang tersebar di Indonesia. Dana yang terkumpul seluruhnya akan dikelola oleh PMI untuk pengadaan sarana penunjang kesehatan berupa Mobil Unit Donor Darah (UUD) dan Mobil Tangki Air Bersih.

Blood And Water For Life
Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla mengatakan, jumlah kebutuhan ideal darah dalam satu negara menurut standard World Health Organization (WHO) adalah 2 persen dari total penduduk. “Di Indonesia, dengan jumlah penduduk yang hampir mencapai 250 juta, dibutuhkan sekitar 4,8 sampai 5 juta kantong darah pertahun untuk mencukupi kebutuhan darah secara nasional, dengan adanya bantuan mobil Unit Donor Darah (UDD) ini tentu akan sangat memudahkan kegiatan PMI dalam membantu masyarakat dalam mendonorkan darahnya,”

Lebih lanjut JK menjelaskan, donor darah itu sebenarnya seperti koperasi, dari masyarakat untuk masyarakat. “Selain mirip dengan koperasi, donor darah itu juga seperti arisan, saat ini mungkin kita tidak membutuhkan darah, namun di lain waktu, mungkin saudara, atau kita sendiri yang membutuhkan darah,” paparnya.

Mobil Unit Donor Darah dalam program Blood And Water For Life yang akan digunakan PMI untuk membantu kegiatan kemanusiaan di berbagai lokasi.
Mobil Unit Donor Darah dalam program Blood And Water For Life yang akan digunakan PMI untuk membantu kegiatan kemanusiaan di berbagai lokasi.

Bantuan berupa Mobil Unit Donor Darah diharapkan dapat membantu PMI untuk mengadakan kegiatan donor darah di berbagai lokasi. “Kami (PMI) sangat berterimakasih atas inisiatif perusahaan swasta yang ingin membantu PMI, ,” ungkap JK.

Corporate Affairs Director SAT, Solihin mengatakan pertumbuhan penduduk juga akan mendatangkan konsekuensi terhadap peningkatan berbagai masalah kesehatan, antara lain penyediaan darah dan air bersih.

“Kebutuhan darah dan air bersih merupakan kebutuhan yang tidak dapat digantikan bagi manusia. Melalui program Blood And Water For Life, perusahaan ingin berperan membantu masyarakat dalam hal pemenuhan darah dan pendistribusian air bersih. Masyarakat di perkotaan mungkin mudah memperoleh pasokan air bersih, namun di beberapa daerah yang mengalami kekeringan, air bersih sulit diperoleh” katanya.

Selain dengan memobilisasi Mobil UDD di berbagai lokasi strategis untuk kegiatan donor darah, PMI juga menyediakan Unit Donor Darah yang tersebar di mall serta kampus untuk menjangkau kaum muda guna mendonorkan darahnya. Adapun mobil tangki air bersih akan digunakan untuk mendistribusikan air bersih di daerah yang membutuhkan, akibat kekeringan.  – san

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *