Alfamart Peduli Veteran

Walikota Solo  FX Hadi Rudyatmo saat menghadiri acara Alfamart di Pendhapi Gede, Balaikota Solo
Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo saat menghadiri acara Alfamart di Pendhapi Gede, Balaikota Solo

JO, Solo – Penasaran ke mana larinya uang receh kembalian yang sering diminta untuk donasi, saat belanja di Alfamart? Ini antara lain manfaatnya. Sekitar 200 veteran pejuang kemerdekaan di Solo, mendapat santunan tali asih berupa uang Rp 500 ribu dan bingkisan, Sabtu (11/10/2014).

Kedepannya akan dikembangkan lebih jauh dengan kegiatan-kegiatan lain, seperti bedah warung, bantuan untuk veteran yang sakit ataupun meninggal dunia.

“Ada 200 veteran yang mendapatkan bantuan talih asih berupa uang sebesar Rp 500 ribu. Ini merupakan kerjas sama dengan Alfamart, Alfamidi yang merupakan donutur terbesar di sahabat veteran dan sudah yang kedua kalinya,” ujar ujar Ketua Umum Yayasan Sahabat Veteran Indonesia (SaVe) Kriswiyanto Muliawan Wiyogo saat ditemui disela-sela pemberian talih asih di Pendapi Gede Kantor Balaikota Solo.

Bantuan ini, menurut Kriswiyanto, sebagai bentuk kepedulian terhadap para veteran yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Kami tengah mengupayakan bantuan yang lebih besar. Nanti akan ada program bedah rumah, bedah warung dan sebagainya. Satu rumah anggarannya Rp 25 juta,” ujarnya.

Dana yang di kucurkan dari Alfamart, Alfamidi ke veteran itu sekitar Rp 1,4 miliar sedangkan tahun lalu hanya sekitar Rp 600 juta. “Kenaikan jumlah ini lantaran kepedulian pada veteran bertambah dan juga sekarang outlatenya sudah cukup banyak,” imbuhnya.

Bantuan ini diambilkan dari mengumpulkan kembalian masyarakat saat belanja, jika konsumen setuju maka kembalian itu akan disimpan tapi jika tidak akan dikembalikan.

Uang receh yang sudah dikumpulkan kemudian disimpan dalam waktu tertentu untuk nantinya diberikan ke para vetaran. Pengumpulan ini berlangsung sekitar dua minggu diseluruh gerai jaringan Alfamart dan Alfamidi di Indonesia.

“Jadi bantuan ini lewat pengumpulan kembalian uang receh konsumen. Kedepan kami akan kami lakukan cek kesehatan, bedah rumah, atau bedar warung,” sambungnya.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyatakan Indonesia belum merdeka sepenuhnya, karena kesejahteraan sebagian para pejuang terabaikan.

”Tanpa veteran Republik ini tidak bisa merdeka. Berharap perusahaan lain bisa meniru langkah Alfamart dan Alfamidi, tidak hanya 1 rumah tiap kota, namun hingga 10 rumah yang direnovasi dan dibantu,” pungkasnya. – san

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *