Incar Warisan, Cucu Tega Habisi Nyawa Nenek

JO, Boyolali –  Gara-gara tergiur harta warisan. Seorang cucu atas nama Riswanto (24) warga Dukuh Seling, Desa Karangjati, Kecamatan Wonosegoro nekat menghabisi nyawa neneknya sendiri atas nama Ngatiyem (70). Korban tewas meregang nyawa saat tersangka membekapnya dengan sarung bantal yang telah dilumuri racun serangga.

Kapolres Boyolali AKBP Budi Sartono melalui Kapolsek Wonosegoro AKP Joko Widodo dan Wakapolsek Ipda Aris Sarwadi, Senin (10/11) mengatakan, percobaan pembunuhan yang dilakukan tersangka, ternyata tak hanya sekali ini saja dilakukan. Namun telah dilakukannya hingga tiga kali.

“Tersangka ingin membunuh korban yang sudah merawatnya sejak berumur empat tahun itu hingga tiga kali. Pernah dia berusaha membunuh neneknya dengan racun serangga yang dicampur air minum. Tetapi gagal, karena korban curiga dengan air minum yang diberikan tersangka. Hingga akhirnya pada Jumat (7/11) dini hari, berhasil menghabisi nyawa korban yang sudah renta itu,” papar Kapolsek.

Dalam kasus ini lanjut dia, polisi bakal menjerat tersangka dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana. Ancaman hukumannya seumur hidup dan sampai hukuman mati. “Kalau soal motif, tersangka ingin menguasai kekayaan atau mendapatkan warisan berupa tanah milik korban.”

Secara kronologi lanjut Kapolsek, pada Kamis 6/11) malam atau malam Jumat Kliwon itu, pikirannya sudah kalut dan ingin menghabisi neneknya saja. Setelah yasinan, pikirannya kalut dan mengarah ingin membunuh korban. Hingga akhirnya pada Jumat dini hari itu terjadi peristiwa pembunuhan.

Polisi kini menyita sarung bantal yang dilumuri obat serangga yang digunakan untuk membekap mulut korban yang ditemukan dibawah kasur tempat tidur korban. Selain itu botol bekas obat serangga, yang digunakan untuk meracuni korban.

“Guna mengetahui penyebab pasti kematian korban, kami akan membongkar makam nenek Ngatiyem guna melakukan otopsi. Untuk itu kami sudah berkoordinasi dengan dokter RSUD Dr Moewardi Solo,” pungkasnya. – uda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *