Dibebaskan, Eva Bande Ucapkan Terima Kasih

JO – Presiden Joko Widodo mengatakan, pegiat hak petani di Luwuk, Sulawesi Tengah, Eva Bande bakal memperoleh kebebasan pada Hari Ibu (22 Desember), karena pada saat itu proses grasinya telah tuntas setelah dikabulkan Presiden.

Hal itu diungkapkan Presiden saat menghadiri acara peringatan Hari HAM di Gedung Senisono Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa lalu.

“Saya berharap sebelum Hari Ibu, Saudari Eva bebas berkumpul dengan suami dan keluarga,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden menyebutkan bahwa pemerintah telah menerima grasi dari Eva Susanti Bande, yang menurut informasi yang diperoleh Jokowi merupakan seorang aktivis HAM yang dihukum karena menggerakkan petani melawan ketidakadilan.

Kabar gembira itu langsung terdengar di kuping Eva Bande. Sontak perkataan Presiden itu membuat Eva bahagia dan senang. Ibu 3 anak yang juga pejuang dan pembela para petani itu pun mengucapkan terima kasih atas solidaritas semua pihak terutama kawan-kawan seperjuangannya.

Eva pun menegaskan dirinya berharap kriminalisasi ini tidak terulang lagi, khususnya bagi aktivis pejuang pro demokrasi.

Eva divonis bersalah karena dianggap menghasut para petani pengunjuk rasa yang berujung pembakaran aset perusahaan milik PT KLS, di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Eva dan 2 aktivis petani dituduh sebagai dalang dan pelaku pembakaran alat-alat berat pada kasus unjuk rasa tersebut.

Berikut isi surat ucapan terima kasih Eva Bande:

Terima kasih kawan-kawan atas ucapan dan doanya. Pernyataan Presiden di hadapan publik dan disiarkan di televisi, lebih jauh harus dibaca sebagai pemenuhan janji politik beliau, untuk membela aktivis dan masyarakat yang dikriminalisasi ketika berhadapan dengan perusahaan-perusahaan yang merampas hak rakyat dalam pengelolaan sumber daya agraria.

Semoga janji politik Presiden tidak berhenti sampai grasi terhadap saya saja, lebih jauh juga memastikan pembelaan terhadap proses pembebasan rakyat dari cengkaman pemilik-pemilik modal di wilayah kerja kawan-kawan semua. Saya berharap, semoga pengawalan para sahabat dan kawan-kawansemua atas grasi presiden atas diri saya, juga berlanjut untuk kasus-kasus serupa di berbagai tempat dan waktu.  – ant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *