Separo Anggaran Belanja Wonogiri Belum Terserap

JO, Wonogiri – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri melalui Bagian Pembangunan menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Operasional Kegiatan (Rakor POK) APBD 2014 di ruang data Setda setempat, Selasa lalu. Dengan adanya Rakor itu diketahui separuh anggaran di 2014 belum terserap.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Suharno mewakili Bupati Danar Rahmanto dalam pidatonya mengatakan, pihaknya berharap masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lebih meningkatkan kinerjanya dengan selalu memantau perkembangan pelaksanaan program oleh pihak ketiga.

Sedangkan kegiatan swakelola belum direalisasikan untuk segera dilakukan percepatan. Penegasan Sekda Wonogiri ini beralasan karena melihat hasil dari rekap penyerapan anggaran belanja langsung hingga November 2014 baru sebesar 49,41 persen.

Sedang menurut Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Setda Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryadi, capaian kinerja 49,41 persen ini adalah Rp 215.153.311.974 dari total belanja langsung di SKPD sebesar Rp 508.250.182.580.

Namun begitu dari sekian persen data masuk, belum semua mengirimkan laporan penyerapan anggaran belanja langsung seperti Kecamatan Sidoharjo, Kecamatan Slogohimo, Kecamatan Bulukerto, Kecamatan Baturetno, Kecamatan Paranggupito, Kecamatan Eromoko dan Kecamatan Pracimantoro.

Sementara itu, diakui Kepala Kesbangpol Wonogiri, Sulardi, pihaknya belum mampu menyerap semua dana anggaran 2014. Anggaran baru terserap 35 persen dan belum terserap 65 persen itu menurut versi rekap DPPKAD.

“Sebenarnya kegiatan-kegiatan di tahun ini belum semua masuk dalam rekapan, khususnya di Desember ini belum masuk rekap,” katanya. – tml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *