Pergaulan Bebas ODHA Sukoharjo Meningkat 188 Kasus

JO, Sukoharjo – Jumlah penderita HIV/AIDS atau biasa disebut ODHA orang hidup dengan HIV/AIDS di Sukoharjo mendekati penghujung tahun 2014 ini terus bertambah. Jika pada September 2014 yang lalu, jumlah penderita HIV/AIDS di Sukoharjo yang meninggal sebanyak 39 penderita, pada Desember ini sudah bertambah 41 penderita yang meninggal.

“Dari Oktober sampai saat ini, penderita HIV/AIDS yang meninggal sudah bertambah dua orang yang meninggal pada bulan November lalu,” kata Garis Subandi, Koordinator Mitra Sebaya Sukoharjo.

Menurut Bandi, dua penderita HIV/AIDS yang meninggal itu berada di Kecamatan Kartasura dan Tawangsari. Diketahui penderita HIV/AIDS yang ada di Kecamatan Tawangsari meninggal dengan kondisi yang menyedihkan.

Sementara itu, data dari kelompok Mitra Sebaya, antara Oktober hingga Desember berjalan ini, sudah tercatat ada 14 penderita HIV/AIDS baru. Jika ditambahkan dengan jumlah penderita HIV/AIDS Januari-September 2014 yang jumlahnya 178 penderita, maka hingga saat ini, jumlah penderita HIV/AIDS di Sukoharjo mencapai 188 penderita.

Di bulan Oktober ada empat penderita baru, November ada enam penderita baru serta Desember ini ada empat penderita baru. Penderita baru itu didominasi penderita HIV,” kata Bandi.

Salah satu penderita HIV/AIDS baru tersebut adalah siswi SMK yang sudah terinfeksi virus HIV stadium 4. Ciri-ciri klinisnya adalah sering batuk-batuk,berat badan turun dan terkena sariawan.

“Saat diperiksa terungkap siswi tersebut terkena virus HIV karena melakukan pergaulan bebas. Saat ini kami masih mencari pacara siswi tersebur untuk dilakukan pembinaan,” imbuhnya.

Menurut Bandi, sebagai langkah antisipasi yang sudah dilakukan Mitra Sebaya bersama dengan KPA (komisi penanggulangan AIDS) gencar mengadakan penyuluhan mengenai penyakit HIV/AIDS kepada sekolah baik SMA-SMP dan SD. Terutama mengingatkan masalah pergaulan bebas, pasalnya trend penyebaran HIV/AIDS dari pergaulan bebas. – jia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *