Ismet: Pedagang Diberlakukan BI Cheking

Pedagang Pasar Klewer menyelamatkan barang dagangannya dari kebakaran.

JO, Solo – Rencana restrukturisasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke para pedagang Pasar Klewer yang tertimpa musibah kebakaran, Sabtu (27/12/2014) malam lalu.  Bank sentral atau BI nantinya akan melakukan pemilahan  terlebih dulu korban kebakaran pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah tersebut.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Ismet Inono, pihaknya akan memilah nya terkait pedagang mana saja yang menjadi prioritas utama dan khusus dan yang reguler pada penyelesaian perbankan adanya korban musibah kebakaran.

“Kebakaran yang menimpa pedagang  Pasar Klewer merupakan kondisidan  situasi yang tidak normal. Sehingga tidak bisa disikapi dengan aturan-aturan yang normal,” paparnya, ketika press conference di Omah Sinten Resto, Minggu (28/12/2014)

Jelas Ismet, masih banyak hal yang dapat dilakukan secara teknis dengan melibatkan beberapa pihak pihak-pihak, untuk menentukan  besaran kerugian yang dialami akibat dari musibah kebakaran Klewer  secara pasti.

“Sehingga bisa disikapi mana yang didahulukan, tetapi yang pasti hingga akhir tahun ini para pedagang tidak bisa berbuat apa-apa, terkait  hutang piutang perbankan antara pedagang dengan bank, salah satu langkah dilakukan adalah menghentikan BI checking,” jelas Ismet.

Sehingga para pedagang tidak terganggu saat melakukan transaksi. Soal kemungkinan hapus buku atau penghapusan hutang perbankan bisa saja kemungkinan itu terjadi karena kondisinya memang tidak normal.

Temu wartawan terkait restrukturisasi utang pedagang Pasar Klewer tersebut dihadiri selain OJK, BI dan  anggota DPR Muhammad Hatta serta perwakilan Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK). – pra

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: