Benteng Vastenburg, Pasar Darurat ?

Kepala DPP Solo, Subagyo saat berdialog dengan para pedagang Pasar Klewer dan Perbankan di Ruang Pertemuan BNI Klewer. 

JO, Solo – Dinas Pengelola Pasar (DPP) Solo akan berbicara dengan pedagang Pasar Klewer untuk memastikan lokasi pasar darurat. Sebelumnya, DPP menawarkan alternatif Benteng Vastenburg sebagai lokasi pasar darurat.

“Kita nanti akan bicara sama pedagangnya dulu. Ada pedagang yang minta kalau dipindah, lokasi (pasar daruratnya) dekat sama Klewer. Kalau lokasi dekat Klewer, kita kan harus melihat lokasi yang bisa menampung sekurang-kurangnya 1.532 pedagang,” kata Kepala DPP Solo, Subagyo kepada wartawan, Minggu lalu.

Pasalnya, kata Subagyo, dari 2.320 kios Pasar Klewer, 1.532 kios di antaranya ludes terbakar. Selain menampung pedagang yang kehilangan kios, pasar darurat juga akan menampung pedagang oprokan yang jumlahnya 765 pedagang. Dengan demikian, lokasi pasar darurat harus bisa menampung sekurang-kurangnya 2.500 pedagang.

“Kita mencari luas lahan sekurang-kurangnya 3 hektar. Karena kan tidak bisa kita tingkat, harus menyebar,” ujar dia.

Disinggung Alun-Alun Utara yang lokasinya hanya berjarak beberapa puluh meter dari Pasar Klewer, Subagyo menyatakan luasan Alun-Alun Utara hanya sekitar 2 hektar. “Alun-alun utara cuma sekitar 2 Ha, kalau yang di Benteng (Vastenburg) itu sekitar 4 Ha,” ungkapnya.

Ditanya anggaran untuk pembangunan pasar darurat, Subagyo mengaku belum mengetahui dari mana anggaran berasal nantinya. Ia menyerahkan kepada walikota untuk mengupayakan. – tml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *