BPBD Solo Bikin Jalur Forensik

Tim Polda Jateng akan Ungkap Penyebab Kebakaran Pasar Klewer

JO, Solo – Selain melakukan pendinginan titik api di kawasan Pasar Klewer, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo juga membuat jalur forensik yang rencananya akan digunakan Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Jateng. Bukan pekerjaan mudah dalam membuatan jalur forensik tersebut, selain resiko tertimpa bangunan roboh juga ancaman terhadap titik api yang belum padam.

“Kita dibantu relawan juga membuat jalur forensik yang rencananya besok akan digunakan oleh Tim Puslabfor Polda Jateng untuk mengungkap misteri penyebab kebakaran,” ujar Kepala BPBD Kota Solo, Eko Nugroho, Senin lalu.

Ancaman yang paling berbahaya, kata Eko, adalah masih banyaknya asap yang berada di bagian tengah Pasar Klewer. Pasalnya, jika asap tersebut masih tebal maka akan mengganggu fokus kerja dari Puslabfor Polda Jateng. Disamping itu, pernafasan anggota Puslabfor Polda Jateng akan terganggu. Jika tidak segera mendapat asupan oksigen, maka dapat dipastikan akan membahayakan keselamatan anggota tim.

“Makanya, ini dipastikan dulu asap tidak mengepul. Kita lakukan pendinginan secara menyeluruh. Jika masih ada asap berarti masih ada api,” tandas Eko.

Disinggung jalur yang akan digunakan oleh Tim Puslabfor, Eko mengaku pihaknya telah menyiapkan jalur dari sisi timur Pasar Klewer. Selain dinilai aman, jalur dari sisi timur juga dinilai masih kokoh dibandingkan jalur dari sisi barat Pasar Klewer.

“Api kan mulai membakar dari sisi barat pasar, jadi yang bagian itu (sisi barat –Red) bangunannya rawan. Kalau dari sisi timur kan hanya terbakar sedikit, jadi dinilai masih aman,” katanya. – tml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *