Tak Fungsi, Hidran Pasar Klewer Disoal Dewan

JO, Solo – Wakil Ketua DPRD Kota Solo Umar Hasyim mempersoalkan macetnya hidran Pasar Klewer. Kondisi ini dinilai menjadi salah satu penyebab tidak segera teratasinya pemadaman kebakaran pasar sandang terbesar di Indonesia itu.

“Payah memang. Masak dalam keadaan darurat hidran yang ada di sekitar Pasar Klewer tidak berfungsi sama sekali. Selain macet tidak bisa dibuka, air juga tidak bisa mengalir,” tandas Umar Hasyim, ketika dimintai komentar tentang kebakaran Pasar Klewer.

Padahal, kalau saja keberadaan hidran di Pasar Klewer berfungsi baik, kata Umar Hasyim, ketika api masih belum menjalar, niscaya kebakaran segera teratasi. Namun ternyata macet, dan salah satu hidran terdekat harus diambil di dekat perempatan Nonongan. Sehingga sudah barang tentu memakan waktu.

“Keberadaan hidran yang macet itu, PDAM Solo memang harus bertanggung jawab, kenapa? Termasuk juga Pemadam Kebakaran yang tidak kontrol,” tegasnya.

Mengingat keberadaannya di dekat pasar, kata Umar Hasyim, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait juga harus ikut bertanggung jawab. Dalam hal ini Dinas Pengelola Pasar mustinya juga ikut mengecek hidran-hidran di pasar dan sekitar.

“Itu salah satu keamanan pasar,” tandasnya.

Umar Hasyim menyatakan, dalam waktu dekat hendak minta penjelasan dari instansi terkait perihal hidran Pasar Klewer, sekaligus sebagai evaluasi. – pra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *