Vastenburg atau Alut Bangun Pasar Darurat ?

JO, Solo – Pemerintah Kota Solo segera melakukan koordinasi dengan pihak Keraton Kasunanan Surakarta hadiningrat dan pemilik Benteng Vastenburg untuk mendirikan pasar darurat guna menampung pedagang Pasar Klewer yang ludes terbakar. Alun-alun utara Keraton Surakarta dan Benteng Vastenburg dinilai menjadi lokasi yang pas untuk penempatan pasar darurat lantaran kedua lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari Pasar Klewer.

Sekretaris Daerah Kota Solo, Budy Suharto menuturkan, Pemkot telah melakukan rapat koordinasi penanggulangan bencana kebakaran di Pasar Klewer. Salah satu hasilnya adalah pembangunan pasar darurat untuk pedagang yang kiosnya hangus terbakar.

Sekda mengatakan, pihaknya juga telah mengirimkan surat permohonan tersebut. Pihaknya berharap bahwa pembangunan pasar darurat tersebut segera mendapatkan izin, sehingga roda perekonomian dari para pedagang pasar tidak
berhenti dalam jangka waktu yang lama.

“Kemarin kami sudah melakukan rapat koordinasi tentang penanganan pasca kebakaran yang terjadi di Pasar Klewer. Kami kemarin telah membuat surat yang kami tujukan kepada kedua pihak tersebut, untuk meminta izin menggunakan lahan mereka sebagai lokasi pasar darurat. Kami berharap segera mendapatkan jawaban dari surat kami tersebut,” katanya, Senin lalu.

Namun jika lokasi yang digunakan adalah Benteng Vastenburg, menurut Budy harus dikoordinasikan juga dengan Dinas Pariwisata. Hal itu dikarenakan banyak agenda kota yang dilaksanakan di benteng peninggalan Belanda
tersebut.

“Yang penting izinnya keluar dulu, nanti jika sudah keluar akan kami atur ulang agenda-agenda kota yang sudah disusun itu,” katanya.

Budy juga mengungkapkan, pasar darurat tersebut rencananya akan mulai dibangun pertengahan bulan Januari 2015. – tml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *