Harga Kios PGS ‘Menggila’

JO, Solo – Musibah membawa berkah, bagaimana tidak, akibat musibah kebakaran yang menimpa Pasar Klewer beberapa waktu lalu. Membuat harga kios di Pusat Grosir Solo (PGS) meroket. Kenaikan harga kios dipasar sandang modern tersebut melonjak hingga empat kali lipat dari harga sebelumnya.

Ketersediaan kios yang terbatas, sementara permintaan dari para pedagang Klewer semakin  tinggi  sebagai pemicu mahalnya kios di PGS tersebut.

Meski beberapa pedagang sambat atas tingginya harga kios disikapi dingin manajemen PGS. Bagian Promosi PGS, Stefanus Ajie mengatakan, apa yang dilakukan pihaknya sengaja menaikan harga kios karena disesuaikan dengan mekanisme pasar.

“Karena kita adalah swasta tentunya acuanya adalah menyesuaikan dengan mekanisme pasar, dimana permintaan tinggi harga jual juga melonjak naik,” jelasnya, Sabtu (3/1/2015).

Peningkatan itu mencapai empat kali lipat jika dibandingkan dengan harga sebelumnya.

“Sekitar dua minggu yang lalu harga jual kita masih dikisaran Rp. 20 juta hingga Rp. 50 juta, namun untuk saat ini sudah naik menjadi Rp. 80 juta hingga Rp. 100 juta untuk sewa selama satu tahun,” terangnya.

Perbedaan harga dilihat dari letak kios yang dijual. Semakin strategis tempatnya, harga kios nya juga semakin mahal.

Ia mencontohkan, kios lantai satu yang dekat jalan utama tentu harganya berbeda dengan yang terletak di belakang atau di lantai tiga.

“Dari total 900 tenant, untuk okupansinya sendiri saat ini masih sisa sekitar 20 persen, baik di dilantai dasar maupun lantai dua,” pungkasnya.- tml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *