Gerakan Jihad : Antara Kewajiban Syar’i dan Kepentingan Politik

JO, Wonogiri – Lembaga Kajian dan Pendampingan Sosial Kholif@h, beralamat di Jl. Gatot Subroto, Madegondo, Grogol, Sukoharjo Jawa Tengah. Menyelenggarakan Dialog Publik dengan tema “Mewaspadai Ekploitasi Gerakan Jihad : Antara Kewajiban Syar’i dan Kepentingan Politik” yang rencananya dilangsungkan Jum’at (30/1/2015) mendatang.

Ketua Penyelenggara, Ahmad Yazid Fauzan, bahwa Dialog Publik menghadirkan tokoh umat Islam dan peserta dari kalangan muslim, maksud penyelenggaraan ini untuk mencegah berkembangnya faham yang salah tentang pegertian jihad.

“Memberikan pencerahan kepada generasi muslim tentang bagaimana cara menegakkan jihad yang benar dalam kehidupan bangsa Indonesia yang plural dalam kebhinnekaan ini,” terang Ahmad Yazid Fauzan. Selasa (27/1/2015)

Tujuan diadakannya kegiatan ini, menurut Fauzan, meningkatkan pemahaman betapa pentingnya silaturrohim dan ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan sesama umat Islam, ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan kebangsaan, serta ukhuwah bashariyah yaitu persaudaraan sesaama anak manusia.

“Terciptanya kesadaran yang baik dan benar dalam memaknai sekaligus mengamalkan jihad dengan menghindari tindakan teror kepada orang lain. Serta terbangunnya kembali rasa persatuan dan kesatuan yang kuat melalui sel-sel dan komunitas yang beraneka ragam kepentingan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tambah Fauzan.

Pelaksanaan Dialog Publik “Mewaspadai Ekploitasi Gerakan Jihad : Antara Kewajiban Syar’i dan Kepentingan Politik” setidaknya diikuti peserta sebanyak 100 -150 orang yang berasal dari Perwakilan Pimpinan Ormas Islam, Perwakilan Pimpinan Organisasi Kepemudaan Islam, Pelajar dan Mahasiswa muslim, Media Massa dan Undangan.

Menghadirkan narasumber Dr. H. Amir Mahmud, M. Ag (Direktur Amir Institute Surakarta), H. Ahmad Hafidh, M. Ag (A’wan Syuriah PCNU Sukoharjo / Dosen IAIN Surakarta), Arif Wibowo M. Ag (Direktur Pusat Studi Peradaban Islam Surakarta). Dialog dimoderatori Awod Umar, SH (Koordinator Forum Diskusi “Mata Air” Kartopuran Surakarta). Rencana Tempat di Auditorium RM Saraswati Jl. RM. Said Giriwono – Wonogiri Jateng, Jum’at, 30 Januari 2015, mulai pukul 13.00. – ian

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *