Kebersihan Vagina Yang Harus Diketahui Wanita

JO – Berbicara tentang isu-isu vagina dan seks terkadang masih dianggap tabu. Meskipun telah terjadi perubahan secara bertahap dalam pola pikir masyarakat, tetap saja masih banyak wanita yang menahan diri untuk membicarakan hal-hal tersebut. Padahal, menjaga kebersihan vagina itu sangat penting. Nah, berikut ini aturan kebersihan vagina yang harus diketahui oleh para wanita, seperti dilansir dari Idiva.

Mencukur rambut kemaluan. Selain menjaga agar rambut kemaluan tetap pendek atau menghilangkan sepenuhnya untuk menjaga bagian pribadi tersebut tetap bersih. Namun, hindari menggunakan pisau cukur, kalaupun tetap perlu, gunakan selalu pisau yang baru.

Bedak tabur agar tetap kering. Setelah mandi bisa gunakan bedak tabur pada vagina. Ini untuk membantu vagina bersih dan kering selama berjam-jam.

Hindari douching. Douching berarti mencuci atau merendam dalam bahasa Prancis. Ini dilakukan dengan membilas bagian pribadi dengan cairan kimia asam dan sering dilakukan pasca hubungan seks untuk membunuh sperma. Namun, perlakuan ini dapat mengganggu tingkat pH dan bisa menyebabkan infeksi.

Hindari menggosok daerah pribadi. Kulit di bagian pribadi tersebut sangat sensitif dan mudah terkelupas saat digosok dengan produk yang keras. Oleh karena itu, pilihlah selalu produk yang lembut untuk kulit.

Cairan berwarna tidak normal. Jika cairan vagina bau atau berwarna (hijau atau kuning), atau keputihan, segera konsultasikan dengan dokter.
Nah, itu tadi aturan kebersihan vagina yang harus diketahui oleh para wanita. Mari, kita terapkan pada diri masing-masing. – Intisari-Online.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *