9,6 MIlyar Untuk Rehab Solo Baru Tahap II

JO, Sukoharjo – Setelah rampung penataan Jl Ir Soekarno Solo Baru koridor utara, atau Patung Soekarno – Polsek Grogol, masuk tahun 2015 giliran koridor patung Pandawa – Jembatan Bacem.

Camat Grogol, Agustinus Setyono membenarkan rehabilitasi Jl Ir Soekarno tahap II akan segera dimulai. Ia menaruh harapan besar rehabilitasi tahap II tersebut mampu menjadikan wilayah Solo Baru di jalur tersebut bebas banjir. Pasalnya selama ini lokasi tersebut menjadi langganan banjir.

“Kami sudah komunikasikan dengan DPU, harapan kami yang diutamakan adalah masalah drainasenya dulu. Drainasenya harus dilebarkan, selama ini daerah tersebut langganan genangan air. Untuk tamannya bisa dikesampingkan, tapi bukan berarti tidak penting lo,” ungkap Agustinus.

Menurut Setiyono, untuk penataan tahap II sudah dipastikan yakni dari simpang Pandawa ke utara atau sampai di depan Polsek Grogol dan simpang Pandawa ke rimur atau sekitar Pos Polisi Bacem. Dikatakan dia, jika drainase tidak dilebarkan, akan membahayakan kawasan bisnis itu. Apalagi perkembangan kawasan bisnis tersebut semakin pesat.

Mengingat aliran air dari sejumlah anak sungai Bengawan Solo mengarah ke Kecamatan Grogol, Agustinus juga mengusulkan DPU nantinya untuk membuat sodetan di kali yang berada di sekitar Kecamatan Grogol. Misalnya membuat sodetan di Kali Jumeneng yang berbatasan dengan Kecamatan Baki atau di Kali Tanggul yang berada di perbatasan Grogol dan Kota Solo. “Mungkin bisa dipertimbangkan. Karena memang aliran mengarah ke Solo Baru. Meskipun dalam waktu dekat ini, akan dilakukan dahulu perbaikan atau pelebaran drainase tersebut,” katanya.

Sementara itu Kabid Perumahan DPU Sukoharjo, Sarwidi yang ditunjuk menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) itu menjelaskan, penataan Solo Baru Tahap II saat ini masih tahap penyusunan Detail Engginering Design (DED). Dari anggaran pemerintah yang dialokasikan Rp 9,6milyar, akan digunakan untuk mempercantik kawasan sepanjang 1,4 km. – jia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *