Ssst… Ini Tandanya Kamu Jenius

JO – Pernahkah sobat lintas suka dengan suasana bising? pastinya gak pernah kali ya, kecuali saat lagi dugem ;).

Kebanyakan dari kita pastinya merasa terganggu dengan suara bising. Akan tetapi nih sob, jika sepertinya suara bising itu benar-benar mengganggu, kemungkinan sobat adalah seorang yang jenius. Ini jelas, bahwa para individu jenius kebanyakan tidak tahan terhadap suara bising, dan lebih memilih tempat lain untuk lebih fokus.

Jauh dari suara bising, pastinya juga memicu kreativitas dalam berfikir, salah satu contohnya adalah Charles Darwin dan Franz Kafka yang dapat sakit apabila terkena imbas susra bising yang berlebihan.

Seperti dilansir dari Daily Mail, hasil penelitian para ahli psikologi ini dapat dikaitkan dengan kreativitas yang dapat menghasilkan tingkat fokus dalam berfikir. Penulis terkenal Perancis Marcel Proust adalah salah satu tokoh yang sering menggunakan penutup telinga saat berbaring di tempat tidurnya untuk mencari ilham. Ia pun melapisi dinding kamarnya dengan gabus untuk meredam suara dari luar kamar saat sedang bekerja.

Fakta terbaru adalah para ilmuwan di Northwestern University, Illinois, menguji 100 orang tentang kemampuan mereka mencari solusi yang jujur dan menemukan hubungan yang kuat antara ketidakmampuan menyaring audio yang tidak relevan, biasa disebut kebocoran sensory gating, dan kreativitas.

Nah, pada tes tersebut mereka diberikan solusi hingga skenario. Mereka dihadapkan pada tantangan memberikan jawaban yang jujur sebanyak-banyaknya. Cara tersebut dirancang untuk mengukur tingkat kreatif nyata yang dicapai.

Hasil penelitian juga menyebutkan, mereka yang menjalaninya dengan suasana tenang, ternyata dapat lebih mudah untuk berpikir kreatif. Mereka mengakui dapat lebih fokus pada berbagai hal secara paralel.

“Jika disalurkan ke arah yang benar, kepekaan ini bisa membuat hidup lebih kaya dan bermakna, memberikan pengalaman yang lebih pada ketajaman otak,” kata Darya Zabelina, mahasiswa Ph.D psikologi di Northwestern University. – lintas.me

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *