Sebelum Nyepi Diwarnai Tawur Agung

JO, Karanganyar – Sebelum melaksanakan upacara Nyepi Tahun Baru saka 1937, umat Hindu melaksanakan beberapa rangkaian upacara, diantaranya Tawur Agung seperti yang dilaksanakan di Pura Tunggal Ika, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jumat (20/3/2015).

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Ngargoyoso, Suwarno, menuturkan, upacara Tawur Agung diawali dengan pasrah sesaji, pradaksina, dan diakhiri dengan sembahyang bersama.

“Ini rangkaian dari Nyepi Tahun Baru Saka 1937. Rangkaian diawali dari pengambilan air dan penyucian di Telaga Madirda pada Minggu (15/3/2015). Upacara itu disebut Melasti. Selanjutnya Tawur Agung yang dilaksanakan satu hari sebelum Nyepi. Ini untuk menyucikan rohani dan jasmani sebagai individu maupun bumi beserta isinya. Semoga Nyepi berjalan lancar,” kata Suwarno saat ditemui wartawan di sela-sela acara.

Suwarno menuturkan umat Hindu melaksanakan Nyepi pada Sabtu (21/3/2015) pukul 05.00 WIB. Mereka melaksanakan Catur Brata Nyepi, yakni amati geni atau tidak menyalakan api, amati karya atau tidak bekerja, amati lelungan atau tidak bepergian dan amati lelanguan atau tdak bersenang-senang.

Umat Hindu akan melakukan aktivitas kembali atau ngembak geni pada Minggu (22/3/2015). Selanjutnya mereka melakukan dharma santi atau serupa halal bi halal.

“Semua yang dilakukan pasti ada maknanya. Semoga tempat ibadah tetap suci dan semua dijaga dari hal-hal yang tidak baik.” – tml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *