Seniman Muda Pentaskan Lutung Kesarung

JO, Solo – Malam nanti (Sabtu 28/3) Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS)di Gedung Kesenian Taman Balekambang, kembali akan menggelar pentas ketoprak mengambil lakon “ Kamandaka Lutung Kesarung “. Kisah ini sangat populer dan melegenda di masyarakat, khususnya di daerah Banyumas.

Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro, menjelaskan pentas malam nanti akan disutradarai pemain senior KSMS, Eko Sutarno, spesialis garap cerita ketoprak Banyumasan. Didukung 50 personil seniman-seniwati, 15 personil pengrawit dan 35 seniman ketoprak.

“ Kami saat ini selalu menggarap lakon-lakon ketoprak yang bisa dinikmati kalangan keluarga. Tidak sedikit setiap kami pentas dapat informasi dari penonton, bahwa dia sengaja mengajak anak-anaknya menonton ketoprak agar cinta budaya tradisi, sekaligus bisa belajar tentang budaya jawa. Pentas malam ini pun juga karena permintaan dari penonton melalui sosial media “ ungkap Tatak Prihantoro.

Eko Sutarno, selaku sutradara menjelaskan pentas malam nanti terdiri atas 6 adegan, diawali adegan pulau Trembini, prabu Pulebahas kasmaran ingin memperistri bungsu Cipta Rasa andak dari Prabu Kandandaha dari Kadipaten Pasir Luhur, sang prabu mengutus patihnya untuk melamar. Adegan kedua kadipaten Pasir Luhur prabu Kandandaha baru bersedih karena anak bungsunya Cipta Rasa sakit akibat putus cinta dengan Kamandaka, datang patih pulau Trembini nglamar namun salah satu anak menantu prabu Kandandaha mengusirnya, terjadi peperangan.

Disisi lain Raden Kamandaka yang telah terusir dari Pasir Luhur akibat mencintai Bungsu Cipta Rasa, bertapa di hutan agar tetap bisa bersanding dengan Cipta Rasa, dalam pertapaan tersebut, mendapat busana, setelah dipakai wujudnya berubah jadi lutung (kera), kemudian menuju Pasir Luhur kembali untuk mendapatkan kekasih hatinya.

Siapakah yang akan mendapatkan Cipta Rasa, prabu Pulebahas ataukah Kamandaka, silahkan menyaksikan di taman Balekambang. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *