Akik Terus Mewabah Daerah

JO, Wonogiri — Para pecinta batu mulia terus mewabah hingga ke daerah, diantaranya berencana mengadakan pameran akik, pada 3-5 April mendatang. Rencananya, pameran akan digelar di pasar baru Purwantoro yang belum lama dibangun di bekas kantor kecamatan. Hingga tingkatan kecamatan ? Yak, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri juga tidak mau ketinggalan dengan daerah lainnya.

Pelindung panitia pameran akik Purwantoro, Marhendi mengatakan, dari sekitar 30 stan yang disiapkan, sebanyak 24 diantaranya sudah dipesan peserta. Mereka datang dari Wonogiri dan kabupaten-kabupaten tetangga.

“Ada peserta yang datang dari Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan para perajin Wonogiri. Banyak juga peserta dari lokal Purwantoro dan sekitarnya yang ikut serta,” katanya.

Dia mengungkapkan, kerajinan akik telah menjamur di wilayah Purwantoro dan sekitarnya. Bahkan, di Kecamatan Purwantoro sendiri ada sekitar 30 pengrajin akik dan batu mulia. Karena itulah, generasi muda pecinta batu mulia Purwantoro menggelar pameran tersebut.

Selain itu, wilayah Kecamatan Kismantoro yang bertetangga dengan Kecamatan Purwantoro juga merupakan salah satu penghasil batu mulia.

“Untuk Wonogiri, yang menjadi favorit antara lain batu kecubung, red baron, barjad api dan fire opal, ” kata pemilik Banyubening Gemstone tersebut. – tml

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *