AMKRI Susun Roadmap Dongkrak Ekspor

JO, Solo – Asosiasi Meubel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI) siapkan roadmap sebagai strategi untuk mendongkrak ekspor kerajinan kayu ke luar negeri, seiring dengan target Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI yang menginginkan adanya peningkatan nilai ekspor hingga tiga kali lipat di lima tahun ke depan.

“AMKRI dan Kemendag sudah sepakat untuk meningkatkan ekspor menjadi USD 5 Miliar, lima tahun ke depan. Jadi, dibutuhkan strategi agar ada sinergisitas antara pelaku usaha dan seluruh stakeholder,” ujar Soenoto, Ketua Umum AMKRI, kepada wartawan, di The Sunan Hotel Solo. Sabtu (23/5/2015).

Untuk merealisasikan target tersebut, tambah Soenoto, pihaknya sudah menyiapkan roadmap sebagai strategi guna membekali para anggota AMKRI terkait dengan peningkatan produktivitas ekspor. Karena persoalan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya kesiapan dari pelaku industri dalam negeri, termasuk regulasi dari pemerintah.

“Roadmap  kita susun  untuk menekan faktor penghambat serta mendorong faktor pendukung lain, agar usaha furnitur dan handycraft di Indonesia bisa lebih berkembang,” terangnyya.

Produktivitas ekspor dalam negeri mestinya bisa berkembang lebih baik dari negara Vietnam. Karena ketersediaan bahan baku dalam negeri sangat berlimpah, bahkan 25 persen rotan di dunia dimiliki oleh Indonesia.

Roadmap yang telah disusun nantinya diberikan ke seluruh DPD AMKRI di Indonesia termasuk juga ke stakeholder  agar yang ditargertkan bisa terealisasi secara optimal. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *