Jelang Idul Adha, Pasar Sapi Bekonang Sepi

JO, Sukoharjo – Pasar hewan Bekonang yang buka setiap hari pasaran Kliwon ini menjadi salah satu pasar hewan yang dikunjungi pedagang sapi. Meski setiap pasaran terhitung ada ribuan sapi yang diperdagangkan, namun 20 hari menjelang perayaan Idul Adha tahun ini sejumlah pedagang dan bakul pembeli mengaku pasaran tidak seramai tahun sebelumnya.
“Kalau sini tiap Kliwon pasti ramai, ribuan sapi, tapi ini mendekati Idul Adha tidak seramai tahun lalu. musim seperti ini pada tahun lalu sudah ramai pembeli, kalau sekarang banyak dagangan tapi yang beli sangat sedikit,” kata salah satu pedagang sapi, Parjono, Kamis (3/9).

Tidak jarang sapi-sapi yang dibawa pedagang dari rumah ke pasar terpaksa harus dibawa pulang karena tidak laku. kondisi ini sangat dikeluhkan para pedagang sapi yang kebanyakan membawa lebih dari dua ekor sapi dengan biaya transportasi tidak sedikit. Sejumlah sapi yang banyak ditawarkan di pasar Bekonang antara lain jenis Limosin, metal, local Jawa, Brahman dan PO.

Untuk kisaran harga sapi yang siap untuk Idul Adha rata-rata mulai harga Rp 15 juta. Namun tidak hanya sapi dewasa, di pasar tersebut juga ditawarkan sapi anakan untuk bibit. Moment lesu jual beli sapi tersebut malah dimanfaatkan oleh sejumlah pedagang sapi atau hewan qurban.

Seperti yang dilakukan Jimin (55) warga Ngemplak Boyolali. Ia mengaku sudah kulakan puluhan sapi untuk persiapan Idul Adha besuk. “Hari ini saya beli 8 ekor sapi, jenis limosin, rata-rata seharga 20 jutaan. Saya sudah stok sekitar 30 sapi untuk qurban yang akan saya jual di Kalioso. Kalau ramainya itu seminggu sebelum hari Idul Adha,”kata Jimin.

Pilihan Jimin untuk kulakan sapi di Bekonang karena rata-rata sapi yang ditawarkan berkualitas baik, di pasar tersebut juga banyak pilihan jenis sapi. Pedagang yang ikut jualan di pasar Bekonang pun kebanyakan dari luar kota seperti Pacitan, Boyolali, Sragen, dan sebagian sesar Jawa Timur. – jia

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress